Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara Budidaya Ikan Lele

Cara Budidaya Ikan Lele – senang sekali akhir nya kita dapat bertemu kembali di website ini dengan pembahasan yang berbeda dari sebelum nya. Saya ucapkan terima kasih banyak untuk anda semua yang sudah bergabung bersama saya di sini, nah oke kali ini saya akan berikan pembahasan dengan tema Cara budidaya ikan lele. Perlu anda ketahui terlebih dahulu sejarah ikan lele itu seperti apa?

Ikan Lele atau Nama bahasa ilmiahnya ”Clarias”, yang orang lain biasa menyebut nya ikan keli, yaitu sejenis ikan yang hidup nya di air tawar. Ikan Lele sangat mudah dikenali karena ikan ini memiliki tubuh yang licin, sedangkan badan nya agak pipih memanjang, ikan ini juga memiliki “kumis” yang cukup panjang, yang terdapat di sekitar bagian mulutnya.

Perlu anda ketahui bahwa ikan lele ini memiliki banyak nama yang terdapat di Indonesia, nah berikut ini saya akan berikan beberapa Nama-nama ikan lele di Nusantara : ikan Lele, secara ilmiah memilki banyak spesies. Jadi Tidak mengherankan kalau ikan lele di Nusantara ini memilki banyak nama nama di beberapa daerah. Yaitu Antara lain: ikan seungko (Aceh), ikan sibakut (Karo), ikan kalang (Sumatera Barat), ikan maut (Gayo),  ikan pintet (Kalimantan Selatan), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah) ikan keling (Makassar), ikan cepi (Sulawesi Selatan), atau ikan keli (Malaysia), nah masih ada banyak lagi. Nah perlu anda ketahui bahwa ikan lele ini biasa di sebut walking catfish, siluroid, mudfish dan catfish Dalam bahasa Inggris.

Nah untuk anda yang ingin membudidayakan ikan lele maka alangkah baik nya kalau anda bergabung disini bersama saya, karena saya akan berikan beberapa ulasan untuk anda mengenai cara budidaya ikan lele. Nah bagi anda yang ingin memulai nya maka alangkah baik nya kalau anda menggunakan media kolam dengan terpal karena waktu ini jadi pilihan yang paling favorite apabila dibanding dengan media media yang lain. Menggunakan media kolam terpal ini sangat lah ringkas, cukup praktis, terlebih irit dan lebih gampang untuk dikontrol. Cara budidaya ikan lele dengan menggunakan kolam terpal ini sangat benar-benar popular karena mudahnya media untuk di dapatkan serta untuk serta tidak perlu memeili lahan yang luas untuk budidaya ikan lele.

Selain itu Banyak jenis ikan lele yang merupakan salah ikan konsumsi yang disukai semua orang. Sebagian besar jenis ikan lele ini sudah dibiakkan banyak orang, namun kebanyakan induk nya mereka dapatkan dengan cara  ditangkap dari populasi liar di alam. Selain itu juga Kadang kala ikan lele ditaruh di sawah karena di gunakan para petani untuk memakan hama-hama yang berada di area sawah mereka.

Nah Berikut ini ada beberapa Keuntungan Budidaya ikan Lele dengan menggunakan  Kolam Terpal : anda Tak perlu tempat yang besar karena di perkarangan rumah pun anda juga tetep bisa membudidayakannya, biaya yang dikeluarkan nya pun cukup relatif lebih kecil, kolam lele tidak dipengaruhi oleh keadaan tanah, selain itu juga sangat Gampang dalam proses pengeringan serta untuk ganti air supaya air agar tetap bersih, lalu Gampang dalam mengamati perkembangan serta perubahan ikan  lele,

Cara Budidaya Ikan Lele

Sedangkan untuk Cara Budidaya Ikan Lele dapat anda simak di bawah ini :

Untuk anda yang ingin melakukan budidaya ikan lele dengan menggunakan kolam terpal maka yang pertama anda harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan jumlah bibit ikan lele yang akan anda budidayakan. Dan anda harus mengupayakan kalau kolam terpal tetap memiliki sisa area yang cukup untuk gerakan serta perubahan ikan lele.

Nah berikut ini bahan bahan untuk membuat kolam terpal untuk Ternak  Ikan Lele :

  1. anda Siapkan terpal yang sesuai dengan ukuran yang di idamkan nanti.
  2. siapkan juga batu bata, Kayu, papan.
  3. selanjut n ya anda siapkan Tali, paku dan kawat atau alat untuk bikin kerangka.
  4. anda siapkan juga Alat yang lain seperti lem atau ember.

Nah apaBila anda sudah melakukan proses  pembuatan kolam serta kerangka nya maka selanjut nya yang anda lakukan yaitu memastikan kalau tempat yang anda buat ini sesuai dengan type lokasi yang anda idamkan.  Kalau anda ingin budidaya ikan lele ini untuk di konsumsi maka berarti budidaya dikerjakan hingga ikan lele ini memiliki ukuran yang besar atau sama untuk ukuran yang dikonsumsi. Nah apaBila Anda berternak ikan lele ini untuk di konsumsi, sebaiknya anda menentukan type ikan lele yang memilki ukurannya ya kira kira 6  sampai 7 cm supaya lebih gampang dan cepat untuk dikembangbiakkan.

Budidaya ikan lele ini memanglah sangat menjanjikan tetapi perlu anda ketahui bahwa budidaya ikan lele yang baik mesti mengikuti beragam cara. Serta memilki cukup Pengetahuan untuk bakal tempat dan air serta pakan ikan lele.  Ikan Lele terhitung kedalam ikan air tawar yang memilki ketahanan badan yang cukup kuat hingga memilki tingkat kesuksesannya cukup baik dibanding budidaya ikan lain.

apaBila kolam terpal untuk budidaya iakan lele ini sudah disediakan, maka langkah selanjut nya yang anda lakukan dalam budidaya ikan lele yaitu dengan sistem berikan air di kolam itu. Cara budidaya ikan lele mungkin sudah diikuti oleh anda dengan benar serta sangat cermat, namun akan tetapi aspek kegagalan budidaya ikan lele tak bisa dihindari dalam semua jenis usaha, apalagi dalam ternak lele.

Baca Juga : Cara Budidaya Cabe Hijau

Untuk Hama yang ada dikolam. Hama itu bisa berbentuk bakteri yang bisa mengganggu kesehatan ikan lele serta perkembangan tubuh ikan lele. Nah Diluar itu, hama ikan lele ini bisa berbentuk kucing atau binatang pemangsa  lain yang ada di seputar kolam budidaya ikan lele. satu diantara kegagalan dalam budidaya ikan lele. Dan ingin memperoleh hasil yang cepat yaitu anda hanya cukup dengan cara berikan makan ikan lele sebanyak-banyaknya malah beresiko untuk  ikan lele.yang harus anda lakukan yaitu dengan cara memisahkan ukuran ikan lele yang besar dan kecil.

Cara budidaya ikan lele agar cepat panenini  memanglah jadi tantangan tersendiri, karena anda hrus memilki kesabaran untuk mengawali usaha ini dan sangat diperlukan supaya berhasil. pengalaman budidaya ikan lele adalah guru yang paling baik buat anda untuk hasil yang memuaskan. Nah apaBila anda sudah mencoba pasti anda bakal jadi guru yang mahir dalam cara berternak ikan lele yang baik. Untuk mensupport kesuksesan dalam budidaya ikan lele yang anda lakukan dengan menggunakan metode kolam terpal,

Nah mungkin hanya itu saja yang bisa saya berikan untuk anda mengenai cara budidaya ikan lele, semoga bermanfaat untuk anda semua dan semoga berhasil untuk membudidayakan nya dan saya ucapkan terima kasih banyak

 

Cara Budidaya Ikan Lele untuk Pemula

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme