Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara budidaya Manggis Tanpa Biji

Cara budidaya Manggis Tanpa Biji – akhir akhir ini buah Manggis Tanpa Biji sudah menjadi primadona buah dalam kelas dunia, sedangkan tempo dulu buah Manggis Tanpa Biji hanya dipandang dengan sebelah mata orang orang, tapi perlu anda ketahui bahwa sekarang buah Manggis Tanpa Biji sudah masuk di sebuah super market super market papan atas yang ada didunia, bahkan trand dari buah Manggis Tanpa Biji pun sudah mampu untuk menggeser buah buah impor lain nya seperti, buah Anggur , buah kiwi,buah apel dan buah buah lainnya. Selain itu juga buah Manggis Tanpa Biji dijadikan sebagai buah meja, selain itu juga buah Manggis Tanpa Biji kini ternyata sudah masuk menjadi bahan baku utama untuk kebutuhan Industri Farmasi, karena kulit buah Manggis Tanpa Biji ini banyak mengandung anti oksidan yang sangat baik bagi kesehatan kita. Nah Berikut ini akan saya sampaikan bagaimana cara untuk menanam buah Manggis Tanpa Biji yang baik dengan hasil yang memuaskan.

Sebelum nya anda harus pahami terlebih dahulu mengenai manfaat yang terdapat dalam buah Manggis Tanpa Biji. Buah Manggis Tanpa Biji ini dapat disajikan dalam bentuk buah yang segar, bisa juga dijadikan sebagai buah kaleng, lalu bisa dibuat sirup atau sari buah.namun Secara tradisional buah Manggis Tanpa Biji yaitu merupakan salah satu buah yang mampu untuk menjadi obat sariawan, sebagai obat wasir dan luka.

Manfaat buah manggis

  1. Melancarkan sirkulasi darah

karena manggis memiliki kandungan xanthones yang dapat  membantu tubuh Anda dalam menghambat agregasi platelet yang bisa untuk menyumbat pembuluh darah dalam tubuh anda.

  1. Menurunkan tekanan darah

karena manggis memiliki kandungan xanthones yang dapat menurunkan tekanan darah Anda.

  1. Menangkal radikal bebas

buah manggis ternyata mampu untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh Anda.

  1. Mencegah penyebaran kanker

ternyata buah manggis ini memiliki manfaat positif dalam mencegah penyebaran kanker di dalam tubuh,

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat buah manggis ini mampu untuk menurunkan berat badan.

  1. Mengatasi masalah kulit

ternyata buah manggis ini memiliki sifat anti-mikroba dan antibakteri?yang mana sifat inilah yang mampu dikatakan efektif untuk mengobati beragam masalah kulit,

  1. Mencegah dan mengobati penyakit jantung

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yaitu buah manggis mampu mencegah terjadinya penyakit jantung.

Cara Menanam Pohon Manggis Tanpa Biji

Media Tanam yang baik untuk menanam buah Manggis Tanpa Biji yaitu tanah yang subur, tanah gembur, dan mengandung banyak bahan organik. Kemudian tanah yan g memiliki Derajat keasaman pada tanah yang paling ideal untuk melakukan budidaya tanaman Manggis Tanpa Biji yaitu 5 sampai 7 pH. Sedangkan Untuk pertumbuhan tanaman buah Manggis Tanpa Biji ini memerlukan daerah dengan kandungan drainase yang baik dan tidak tergenang dari air tanah yang baik yaitu berada pada kedalaman 50 sampai 200 m

Berikut ini ada beberapa cara untuk melakukan Budidaya Tanaman Manggis Tanpa Biji :

Pembibitan Manggis Tanpa Biji

Ternyata Pohon Manggis Tanpa Biji ini dapat diperbanyak dari bibit yang dihasilkan dari penyambungan pucuk dan susuan.

Pemilihan Benih

Anda hanya perlu melakukan Perbanyakan dengan batang bawah Biji yang akan dijadikan sebagai benih lalu diambil dari buah yang tua yang sudah berisi 5 samapai 6 segmen daging buah dengan 1 samapi 2 segmen yang berbiji, kemudian tidak rusak, memiliki berat minimal satu gram dan daya kecambah nya pun sedikitnya kira kira 75%. Lalu Buah diambil dari pohon yang sudah berumur paling sedikitnya 10 tahun.

Sedangkan Untuk pembuatan bibit dengan cara sambungan yang diperlukan hanya lah batang bawah dan pucuk yang cukup sehat.

Teknik Penyemaian Benih

Lalu kan engan cara Perbanyakan dengan menggunakan biji dalam bedengan Bedengan yang dibuat dengan ukuran lebar  90 sampai 120 cm dengan memiliki jarak antar bedengan satu dengan bedengan lainnya  60 sampai 100 cm. kemudian Tanah diolah kebagian dalam kira kira 30 cm, kemudian tanah anda campurkan dengan pasir, tanah dan bahan bahan organik yang halus dengan memiliki perbandingan kira kira (3:2:1) dengan cukup merata. Sedangkan untuk Persemaian anda cukup diberi menggunakan atap jerami atau daun kelapa dengan memiliki ketinggian di bagian sisi Timur kira kira 150 sampai 175 cm sedangkan untuk sisi bagian Barat 10 sampai 125 cm.lalu kemudian Benih ditanam di dalam lubang tanam yang berukuran kira kira 10 x 10 cm dengan memiliki jarak antara tanaman satu dengan tanam lain nya yaitu 3 x 3 cm dan sedangkan jarak antar baris yaitu kira kira 5 cm pada kedalaman 0,5 sampai 1,0 cm. lalu kemudian anda Tutup benih dengan menggunakan tanah  dan selanjutnya bedengan anda tutup dengan menggunakan karung goni yang basah atau bisa juga menggunakanjerami kira kira setebal 3 cm. sedangkan untuk Persemaian harus di lakukan dengan cara disiram 1 sampai 2 kali dalam sehari.

Pemeliharaan Tanaman

Sedangkan untuk pemeliharaan tanaman dapat anda lakukan dengan cara seperti di bawah ini :

 Penyiangan

anda harus Lakukan penyiangan secara bertahap dan alangkah sebaiknya kalau dilakukan bersamaan dengan proses pemupukan dan penggemburan yaitu dengan waktu dua kali dalam setahun.

 

Pemangkasan

selanjut nya anda lakukan yaitu pemangkasan pada Ranting-ranting yang memiliki tumbuh kembar dan ranting yang sudah tidak berbuah itu perlu dipangkas hal ini dilakukan untuk  mencegah serangan dari hama dan penyakit. Untuk memangkas nya alangkah baik nya kalau anda Gunakan gunting untuk pangkas yang bersih dan tajam untuk menghindari infeksi pada batang tanaman.

Pemupukan

Jenis jenis dan dosis yang baik untuk pemupukan alangkah baik nya kalau anda melakukan dengan anjuran seperti dibawah :

Pohon yang sudah berumur 6 bulan dipupuk dengan campuran urea, SP-36 & KCl dengan perbandingan (3:2:1)

Sedangkan untuk Pohon yang berumur 1 sampai 3 tahun dipupuk dngan campuran 400 sampai 500 gram Urea, 650 sampai 700 gram SP-36 dan 900 sampai 1000 gram KCl dengan perbandingan (3:1:2) yang anda berikan dalam waktu dua sampai tiga kali.

Sedangkan untuk Pohon yang berumur 4 tahun dan seterusnya maka dipupuk dengan campuran urea, SP-36 & KCl dengan perbandingan (1:4:3) yaitu sebanyak 3 sampai 6 kg.

Pengairan & Penyiraman

sedangkan untuk Tanaman yang sudah berumur di bawah lima tahun ini sangat memerlukan ketersediaan air yang cukup dan terus menerus sehingga anda harus menyirami tanaman satu sampai dua hari sekali.

Pemanenan

Buah manggis dapat dipanen dengan cara dipetik menggunakan tangan ,sedangkan untuk panen manggis dapat anda hitng dari umur 103 – 115 hari dari awal tanam

Cara Menanam Manggis tanpa Biji Bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme