Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara Menanam Bawang Bakung

Cara Menanam Bawang Bakung – hai bos apa kabar? Senang sekali kita bisa berjumpa lagi di website ini dengan keadaan yang sehat. Oke langsung saja kita mulai pembahasan nya, kali ini saya akan berikan beberapa ulasan untuk anda semua mengenai cara menanam bawang Bakung  dengan hasil yang memuaskan. Di zaman yang sekarang ini sudah banyak inovasi dan kemajuan yang sangat pesat dan sudah banyak para petani yang menggunakan atau memanfaatkan sebuah teknologi untuk melakukan cara menanam bawang Bakung  hingga mendapatkan hasil yang memuaskan dengan mendapatkan hasil yang sangat melimpah.

Perlu anda ketahui bahwa bawang Bakung  merupakan salah satu jenis tanaman holtikultura musiman yang memiliki ekonomi yang sangat tinggi. Nama lain dari bawang bakung yaitu bawang jepang ata dalam bahasa jepang nya “Japanes bunching onion”. Bawang ini memilki Ukuran dan susunan daun yang hampir menyerupai tanaman bawang merah.

Manfaat bawang bakung

Berikut ini manfaat yang terdapat didalam bawang Bakung :

  1. bawang bakung mampu Mengurangi KOLESTEROL
  2. bawang bakung mampu Mengurangi PERADANGAN
  3. bawang bakung mampu Meningkatkan KEKEBALAN TUBUH
  4. bawang bakung mampu Mengurangi DETOKSIFIKASI TUBUH
  5. bawang bakung mampu Menurunkan TEKANAN DARAH
  6. bawang bakung mampu Mencegah KANKER
  7. bawang bakung mampu Menyembuhkan ASMA
  8. bawang bakung mampu Mengobati INFEKSI
  9. bawang bakung mampu menghilangkan JERAWAT
  10. bawang bakung mampu Meringankan SAKIT GIGI
  11. bawang bakung mampu meningkatkan FUNGSI OTAK
  12. bawang bakung mampu Meredahkan Masalah PERUT
  13. bawang bakung mampu Menjaga KESEHATAN TULANG
  14. bawang bakung mampu Meningkatkan NAFSU MAKAN
  15. bawang bakung untuk Pengobatan DIABETES

Nah berikut ini saya akan berikan bahasan untuk anda mengenai panduan untuk cara menanam bawang Bakung  dengan cara yang cukup mudah dan cara ini juga sudah banyak digunakan oleh para petani bawang Bakung  dan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan, oke langsung saja kita mulai pembahasan nya mengenai langkah langkah budidaya tanaman bawang Bakung

Cara Menanam Bawang Bakung

Cara Menanam Bawang Bakung

1. Memilih Bibit Bawang Bakung

Langkah yang pertama yang harus anda lakukan yaitu memilih bibit bawang Bakung  , bahwa perlu anda ketahui saat ini sudah Ada banyak benih bawang Bakung  yang bisa untuk Anda budidayakan. Dan diantara nyaa ada benih lokal Indonesia sampai benih impor luar negeri. Benih yang dijual pun beragam, ada benih yang berbentuk biji dan ada juga benih yang berbentuk seperti umbi. Nah benih jenis umbi ini lah yang paling banyak digunakan oleh para petani bawang Bakung , nah perlu anda ketahui bahwa untuk benih bawang Bakung  yang baik adalah benih yang berasal dari umbi yang sudah dipanen dengan umur tua atau yang berumur sekitar 70 – 90 hari tergantung pada lokasi tanaman.

Sedangkan untuk benih yang digunakan untuk menanam bawang Bakung   juga tergantung, untuk jarak tanam bawang Bakung  15 x 15 dengan memiliki bobot benih sekitar 5 gram sehingga dibutuhkan 1,3 ton benih untuk lahan satu hektar. Sedangkan untuk bobot benih umbi menggunakan jarak 10 x 10 sehingga dibutuhkan bibit umbi sekitar 2,3 ton untuk satu hektar nya. Namun apabila bobot benih itu lebih kecil maka kebutuhan bibit per hektar nya pun lebih sedikit.

2.cara menanam bawang Bakung  

Nah alangkah baik nya sebelum menanam bawang Bakung  anda terlebih dahulu harus menyiapkan lahan yang akan dijadikan tanaman bawang Bakung .yang perlu anda lakukan yaitu membuat bedengan dengan lebar  kira kira 1 atau 2 meter, dengan memiliki tinggi bedengan sekitar 40 cm, dan dengan panjang bedengan harus anda sesuaikan dengan lahan yang anda miliki. Selain itu buatlah parit dengan kedalaman 40 cm. setelah itu anda Gemburkan tanah di bagian bedengan dengan cara mencangkul cangkulnya dengan kedalaman sekitar  15 cm. lalu Bentuklah permukaan bedengan menjadi rata.

Namun Apabila kondisi keasaman tanah itu kurang dari pH 4,5, maka anda harus menggunakan kapur 1-2 ton untuk satu hektar lahan tanaman bawang Bakung . Alangkah baik nya kalau penambahan kapur ini dilakukan kira kira 2 minggu sebelum tanah ditanami bawang Bakung .

3.pemupukan

Sedangkan Untuk pupuk dasar nya alangkah baik nya kalau anda menggunakan pupuk kandang atau  lebih bagus lagi kalau anda menggunakan pupuk kompos dengan cara menaburkan pupuk tersebut ke atas bedengan lalu kemudian di aduk aduk dengan tanah hingga tercampur merata. Selain itu juga anda Bisa menambahkan pupuk kimia seperti pupuk  ZA, KCL dan SP-36 kira kira sebanyak 45 Kg pupuk ZA, 311 Kg pupuk KCL dan 56 Kg pupuk SP-36 untuk ukuran lahan satu hektar. Kemudian anda Campurkan semua pupuk dengan pupuk buatan lalu  kemudian anda diamkan kira kira dalam jangka waktu kurang lebih selama satu minggu sebelum bedengan ditanami bibit bawang Bakung .

4.penyiapan lahan bawang bakung

kemudian anda harus Siapkan bibit atau umbi bawang Bakung  yang sudah siap untuk ditanam dilahan yang sudah anda siapkan. Namun Apabila bibit yang anda gunakan itu berusia kurang dari 45 hari maka sebaiknya anda melakukan penggoresan pada bagian ujung umbi yang akan ditanam, kira kira sekitar 0,4 cm. karena Hal ini berfungsi  untuk mempercepat tumbuhnya tunas tanaman pada bawang Bakung .

Nah kemudian untuk Cara menanam bawang Bakung  pada saat musim kemarau yaitu dengan cara memberikan sedikit jarak tanam pada bawang Bakung  dengan dipadatkan menjadi 12 x 12 cm. nah Sedangkan penanaman untuk musim penghujan maka anda harus membuat jarak tanam bawang Bakung  minimal 18 x 18 cm. sedangkan untuk Cara menanam benih bawang Bakung  yaitu dengan cara memasukkan seluruh bagian umbi  bawang Bakung  ke dalam tanah.

5.cara Perawatan Budidaya Bawang Bakung

cara Perawatan Budidaya Bawang Bakung  yang perlu anda perhatikan adalah penyiraman tanaman bawang Bakung  yang di lakukan dua kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Penyiraman ini baik nya anda lakukan dari waktu awal penanaman hingga bawang Bakung  berusia 12 hari, setelah itu penyiraman nya dikurangi menjadi 1 kali dalam satu hari. Nah untuk perawatan selanjutnya adalah melakukan pemberian pupuk tambahan ketika tanaman berusia 2 minggu dari waktu awal tanam. Untuk pupuk yang digunakan yaitu pupuk campuran ZA, KCL dan urea, sedangkan komposisi nya yaitu 111 kg untuk pupuk KCL, 190 kg ZA, dan 95 kg urea. Selanjut nya anda harus memperhatikan tanaman yang sudah untuk dipanen. Biasanya rentang waktu 50-75 haris sejak awal tanam.

6. Cara memanen bawang Bakung

Berikut ini Cara cara untuk Memanen Bawang Bakung  yaitu dengan cara mencabut seluruh tanaman bawang Bakung , baik itu dari daun maupun dari umbi bawang dengan cara berhati-hati, hal ini dilakukan agar tanam umbi bawang Bakung  tidak ada yang tertinggal di dalam tanah. Kemudian Hasil dari pencabutan bawang Bakung  dikumpulkan, lalu bersama dengan daun-daun nya dan kemudian diikat menjadi satu.

Cara Menanam Bawang Bakung Dengan Mudah Bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme