Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara Menanam Bengkuang

Cara Menanam Bengkuang – hai tuan tuan Selamat datang di blog kami, di mana tuan tuan bisa belajar bersama mengenai seputar berkebun dan bercocok tanam. Nah Kali ini akan saya bagikan pengalaman tentang Cara menanam Bengkuang dengan hasil yang memuaskan. Nah sebelum anda memulai untuk menanam   maka alangkah baiknya kalau anda pelajari dulu tata cara menanam  , nah untuk anda yang ingin mendapatkan hasil panen   yang memuaskan maka terlebih dahulu anda harus memulai nya dari persiapan dengan keadaan yang baik di awal pekerjaan nya.

Media tanama yaitu salah satu media yang sangat penting yang mampu untuk menentukan dalam kegiatan anda bercocok tanam  yang akan menentukan baik atau buruknya pertumbuhan tanaman yang akan mempengaruhi hasil produksi.  Siapa sih diantara anda semua yang tidak kenal dengan bengkuang? Tanaman Bengkuang ini dikenal sebagai tumbuhan Buah Buahan yang kaya akan banyak khasiat. Baik itu untuk kesehatan maupun bisa juga dipakai dalam berbagai bidang kecantikan dan dijadikan sebagai perawatan tubuh. Tanaman bengkuang ini yaitu merupakan salah satu dari ribuan tanaman yang tumbuhnya dengan cara menjalar atau tumbuh dengan cara merambat. Yang memiliki panjang yang mampu mencapai hingga kira kira berukuran 6 meter. Bengkuan bisa dimanfaatkan menjadi beberapa macam. seperti untuk dikonsumsi, atau juga dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan produk kecantikan, selain itu juga bisa dijadikan untuk lulur ataupun hal lain. Tanaman Bengkuang ini idelanya dapat tumbuh dengan sangat baik pada daerah yang memiliki dataran rendah. Sedangkan untuk ketinggian yang cocok yaitu antara 200 sampai 800 meter dari permukaan air laut dengan memiliki suhu yaitu sekitar 25 sampai 28 derajat Celcius.

Manfaat bengkuang bagi kesehatan

Berikut ini saya akan berikan 30 kandungan manfaat yang terdapat didalam buah bengkuang, yaitu antara lain sebagai berikut :

30 Manfaat luar biasa buah Bengkoang

1). Mampu Mengobati sariawan

2). sangat Cocok untuk diabetes melitus

3). Mampu Menjaga kesehatan wanita usia lanjut

4). Mampu Mengurangi penyakit maag

5). Mampu Membuat kulit lebih sehat

6). Mampu Mendinginkan kulit

7). Mampu Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

8). Mampu Mencegah penuaan dini

9). Mampu Melancarkan pencernaan

10). Mampu Mengobati batu ginjal

11). Mampu Mengobati penderita biri-biri

12). Mampu untuk diet

13). Mampu Menyehatkan Tulang

14). Mampu Mencegah Asma

15). Mampu Menjaga pigmen tubuh

16). Mampu Meningkatkan kerja jantung

17). Mampu Membantu menyerap mineral

18). Mampu Membantu fungsi otot

19). Mampu Membantu Pembentukan Enzim

20). Mampu Meningkatkan kerja metabolisme

21). Mampu Membantu respirasi tubuh lebih baik

22). Mampu Menghindari perkembangan penyakit katarak

23). Mampu Meningkatkan produksi sel darah merah

24). Mampu Membangun daya ingat

25). Mampu Melindungi dari Matahari

26). Mampu Mengurangi kemungkinan stroke

27). Mampu Menurunkan tekanan darah

28). Mampu Mencegah jerawat timbul

29). Mampu Menghindari kulit menipis

30). Mampu Mengoptimalkan tinggi badan

Trik Langkah-langkah Cara Menanam Bengkuang

Nah bagi anda yang ingin membudidayakan tanaman bengkuang maka alangkah baiknya kalau anda mengikuti step by step yang akan saya jelaskan di bawah ini agar anda dapar menghasilkan buah bengkuang yang berkualitas dan buah yang sangat baik, berikut ini langkah langkah nya :

1.Pembenihan Budidaya Bengkuang

Nah Untuk anda yang ingin mendapatkan benih bibit Bengkuang dengan kwalitas yang baik maka anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan dua macam cara berikut ini.

1.Cara pertama anda hanya cukup membiarkan sejumlah tanaman bengkuang ini untuk tumbuh dengan sendirinya sampai menghasilkan polong. Karena Polong yang sudah berumur cukup itulah yang akan dijadikan sebagai benih bengkuang,Sebelum polong ini digunakan, maka langkah baiknya kalau anda simpan terlebih dahulu polong tersebut pada suatu tempat yang sangat tertutup rapat dan cukup kering hal ini dilakukan supaya polong bisa bertahan lama.

2.Sedangkan untuk cara yang kedua anda bisa menggunakan benih dan anda hanya cukup mengambil benihnya ini dari hasil panen. Kemudian Ambillah umbi bengkuang yang cukup bagus dan setelah itu tempatkan umbi pada sebuah lokasi yang cukup lembab. Kemudian anda Tunggu hingga tumbuh tunas di umbi bengkuang tersebut. Lalu anda lakukan penanaman kembali tunas bengkuang ini hingga tunas menghasilkan polong yang akan dijadikan benih untuk untuk menanam bengkuang.

2.Cara Menanam Bengkuang

Nah Sebelum anda menanam bengkuang di lahan milik Anda, maka terlebih dahulu kalau anda membajak lahan anda dengan menggunakan cangkul ataupun traktor hal ini dilakukan agar tanah ini menjadi lebih gembur dan siap untuk menerima tanaman bengkuang. Sedangkan Untuk pengairan nya atau biasa disebut “drainase”, anda hanya cukp membuatnya seperti semacam bedengan dengan memiliki  ukuran lebar 1 meter dan dengan panjangnya cukup anda sesuaikan dengan lahan yang anda miliki. Jangan lupa anda Berikan jarak antar bedengan dengan ukuran secukupnya saja. Apabila anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik, maka anda pakailah pupuk kompos atau anda juga bisa menggunakan pupuk kandang yang merupakan salah satu pupuk yang paling ideal untuk pupuk tanaman apapun. Selanjutnya anda memasukkan biji bengkuang yang sudah Anda siapkan dari waktu sebelumnya. kemudian Buat lubang kecil dan lalu masukkan biji tersebut ke dalam tanah. Jangan lupa anda lakukan Pemberian jarak antar benih yang harus diperhatikan hal itu dilakukan untuk menjaga pertumbuhan dari tanaman bengkuang tersebut. Tanam kan benih dengan Kedalaman lubang antara 5 sampai dengan 7 cm. Sedangkan untuk  jarak yang ideal untuk tiap lubang yaitu sekitar 30 cm sampai 35 cm. selanjut nya anda menutupnya bibit kembali dengan menggunakan tanah dan jangan lupa untuk melakukan penyiram pada tanamannya. Penyiraman pertama penting untuk dilakukan agar merangsang pertumbuhan biji bengkuang yang sudah ditanam. Selain itu juga untuk menjaga kelembaban tanah.

3.Perawatan Bengkuang

Bengkuang yaitu salah satu tanaman yang tumbuhnya di daerah tropis. dan tanaman ini pun bisa beradaptasi dengan baik dengan suasana yang kering. Dan Bisa dikatakan kalau tanaman bengkuang mampu untuk bertahan terhadap kekeringan. Namun tetap saja tanaman bengkuang ini harus tetap mendapatkan pasukan air yang cukup yaitu dengan anda Lakukanlah penyiraman terhadap tanaman tersebut pada saat bengkuang sudah mulai kering dan sangat butuh tambahan air.

4.Pemupukan

Agar tanaman bengkuang ini tumbuh dengan baik dan memiliki kwalitas yang tinggi maka jangan lupa untuk anda Tambahkan pupuk seperti pupuk kompos yang diberikan ketanaman setelah tanaman bengkuang ini berumur sekitar 3 minggu. Pemberian pupuk disesuaikan dengan kondisi tanah dan keadaan tanaman tersebut.

5.Pemanenan

Sedangkan untuk Umur yang cukup untuk memanen bengkuang yaitu saat bengkuan ini berumur kisaran 4 bulan atau bisa lebih. Dengan cara mencabut tanaman bengkuang secara langsung setelah sebelumnya anda menggali tanah agar mudah dijabut.

Teknik Menanam Bengkoang Dari Biji Dengan Mudah dan Sederhana Dengan Untung Melimpah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme