Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara Menanam Buah Markisa

Cara Menanam Buah Markisa – selamat malam para petan di seluruh Indonesia. Nah buat anda semua yang ingin membudidayakan buah mangga dengan hasil yang melimpah namun belum tahu tata cara untuk menanam nya , maka alngkah baik nyaa kalau anda bergabung bersama kami di website ini karena pada kesempatan kali ini kami akan berikan kepada anda mengenai panduan teknis untuk budidaya buah mangga dengan hasil yang sangat melimpah.

Markisa merupakan salah satu buah yang berasal dari negara Amerika dan buah markisa dapat ditemukan tumbuh liar di hutannya. Markisa yaitu buah yang termasuk kedalam buah yang memanfaatkan bijinya untuk dikonsumsi. Ternyata Di Indonesia sudah banyak yang membudidayakan buah markisa. Perlu anda ketahui bahwa ada Beberapa produsen minuman ternama di Indonesia seperti sirup dan minuman kemasan,ternyata  memanfaatkan buah markisa ini sebagai produk unggulannya. Hal ini di karena kan buah markisa sangat baik dan manfaat nya pun setara dengan buah-buahan pada manfaat jeruk, manfaat strawberry , manfaat anggur, dan lain sebagainya.

Buah markisa memilki banyak manfaat yang tergabung dalam sebuah nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.seperti Vitamin C ,selain itu juga buah markisa memilki Kandungan yang sangat banyak karoten, asam nitrat, zat besi, niasin, fosfor dan kalsium. Nah selain itu juga buah markisa memiliki kandungan gizi lain nya seperti : Antioksidan,Zat Besi,Mengontrol Tekanan Darah,Meningkatkan Sirkulasi DarahmMenyehatkan Pencernaan,Menyehatkan Fungsi Mata, dan Pencegahan Kanker

Cara Menanam Buah Markisa

Cara Menanam Buah Markisa

Poin yang akan kami bahas mengenai Cara Menanam Markisa dengan Stek

  1. Pemilihan Benih Markisa
  2. Persiapan Alat dan Bahan Bercocok Tanam
  3. Pembibitan Markisa
  4. Pengolahan Lahan
  5. Pemindahan Bibit Markisa
  6. Pemeliharaan Markisa
  7. Proses Panen Markisa

Nah untuk yang ingin membudidayakan buah markisa di daerah anda maka anda harus terlebih dahulu memahami keperluan yang di ingin kan buah markisa agar bisa bertumbuh dengan baik dan berbuah nya pun maksimal. Namun apaBila Anda itu tinggal nya di daerah yang beriklim hangat dan tidak mengalami musim dingin, maka Anda bisa menanam buah markisa ini di rumah. Tanaman markisa ini sedikit rewel dan perlu ruangan untuk menyebar, tapi  kalau anda ingin membudidayakan tanaman ini maka lebih baik kalau anda Gunakan biji-biji buah markisa yang segar. Namun lebih baik lagi kalau anda menggunakan buah Markisa yang baru dipanen karena buah ini akan cepat untuk berubah menjadi berkecambah dengan cepat,

Nah selanjut nya anda Cuci biji ke dalam air, dan anda biarkan biji sampai kering ya kira kira selama tiga sampai empat hari. Namun apaBila Anda akan menanam biji markisa secara langsung, maka biji akan  dapat berubah menjadi berkecambah dalam waktu 10 sampai 20 hari. Namun apabila Anda ingin menyimpan biji markisa, maka alangkah baik nya kalau biji disimpan dalam sebuah kantong plastik yang kedap udara dan kemudian anda simpan bibit didalam kulkas kira kira memakan waktu ya enam bulanan lah.

Setelah itu anda Siapkan wadah untuk jadikan tempat penanaman bibit. Kemudian anda tanam bibit markisa ke dalam sebuah wadah yang anda pisahkan dari wadah yang lain nya, wadah yang di gunakan memiliki ukuran kurang lebih 75 cm Setelah itu anda Isi wadah dengan menggunakan campuran tanah yang dibuat dari pupuk kompos, pasir kasar  dan tanah, dengan memiliki perbandingan yang sama. Lalu anda Isi wadah dengan campuran kira kira setinggi 10 cm. selanjut nya anda Gali parit dangkal dengan cara anda menggunakan satu batang dengan menembus tanah wadah bibit markisa, parit ini akan berfungsi menjadi drainase dangkal yang bisa mencegah air untuk menenggelamkan biji-biji atau akar kecambah markisa.

Untuk menanam nya anda hanya perlu menebarkan biji. Dengan cara Letakkan biji dengan jarak kira kira 1 cm antara satu parit dengan parit yang lain. Lindungi biji dengan cara menutupinya dengan cara mengguanakan selapis tipis campuran tanah. Kemudian anda Langsung siram dengan air setelah menanam biji. Anda cukup meLembapkan biji markisa namun  jangan sampai membuat bibit menjadi basah kuyup. Setelah selesai menanam biji, maka langkah selanjut nya yang harus  Anda lakukan adalah menyemprotkan air sesekali ke tanaman ketika permukaan tanah kering.apabila bibit sudah memiliki tinggi mencapai 25 sampai 30 cm maka anda harus memindahkan nya ke media tanah atau lahan.

Anda terlebih dahulu memilih lokasi yang tepat.  Lahan yang Idealnya untuk tanaman buah markisa yaitu lokasi  yang menerima sinar matahari langsung dan lahan tidak mengalami kompetisi dengan akar akar pohon, di dekatnya. Selain itu Area ini harus bebas dari rumput liar. apaBila ada rumput liar di sekitarnya maka anda harus langsung singkirkan sebelum Anda menanam bibit markisa. Buah markisa merupakan buah yang hidup nya merambat atau menjalar maka alangkah baik nya kalau anda menyiapkan sesuatu yang bisa untuk di jadikan penom[ang tanaman buah markisa agar menjalar ke atas yaitu seperti pagar kawat, balkon, atau lain nya.

Baca Juga : Cara Ternak Jangkrik

Apabila anda akan memindahkan tanaman buah markisa itu ke sebuah lahan maka anda harus terlebih dahulu menggGemburkan tanah. Karena Markisa ini memerlukan tanah yang sangat gembur dan lumayan dalam yang mengandung banyak material organik. Kemudian anda Campur kan tanah dengan kompos sebelum anda melakukan penanaman. Kompos di gunakan untuk memperbaiki tekstur tanah dan nilai nutrisi tanah. Selain itu juga anda bisa mencoba dengan menggunakan pupuk busuk organik, jamur daun, atau sampah tumbuhan hijau lainnya.

Selanjut nya anda Pindahkan bibit markisa ke dalam sebuah lubang besar. Anda Gali terlebih dahulu lubang tersendiri untuk setiap bibit markisa nya. Setiap lubang memiliki ukuran kira kira dua kali lebih lebar dari tanaman Anda, dan memiliki kedalamannya paling tidak sedalam kira kira 10 sampai 15 cm. kemudian anda Letakkan sistem akar nya  di tengah tengah lubang, kemudian anda isi lubang itu dengan tanah, jangan terlalu dipadatkan, cukup dengan tanaman terlihat aman posisinya.

Kemudian anda Siram dtanaman engan baik. Lebih baik kalau anda menggunakan kaleng air atau selang untuk menyiram bibit markisa setelah ditanam. Yang perlu anda Pastikan adalah tanah biar tetap lembab, tapi jangan sampai air itu tergenang, jangan lupa anda Beri nutrisi secara teratur untuk tanaman anda. Karena Tanaman markisa ini memerlukan sangat banyak nutrisi, jadi Anda hanya perlu menyediakan air yang banyak dan pupuk selama tanaman markisa tumbuh.

Nah apabila Saat tangkai mulai merambah, maka yanga harus Anda lakukan mungkin perlu melatihnya menanjak pagar, jeruji, atau yang pendukung lainnya. Tanaman markisa akan tumbuh sehat bila tangkai tanamannya didorong untuk memanjat, dan tanaman markisa yang sehat akan mampu menghasilkan buah-buahan dengan kualaitas terbaik. Selanjut nya anda hanya perlu membersihkan rumput rumput penggangu yang tumbu di sekitar tanaman karena tanaman markisa ini sangat memerlukan lokasi yang bersih dari rumput liar atau tanaman penggangu lainnya.

 

Cara Menanam Buah Markisa Agar Cepat Berbuah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme