Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara Menanam Cabe Di Pot

Cara Menanam Cabe Di Pot – hai tuan tuan Selamat datang di blog kami, di mana tuan tuan bisa belajar bersama mengenai seputar berkebun dan bercocok tanam. Nah Kali ini akan saya bagikan pengalaman tentang Cara menanam cabe di pot dengan hasil yang memuaskan. Nah sebelum anda memulai untuk menanam cabe  maka alangkah baiknya kalau anda pelajari dulu tata cara menanam cabe , nah untuk anda yang ingin mendapatkan hasil panen cabe  yang memuaskan maka terlebih dahulu anda harus memulai nya dari persiapan dengan keadaan yang baik di awal pekerjaan nya.

Cabe adalah salah satu tanaman pertanian yang paling atraktif Pada waktu tertentu, dan untuk harganya bisa naik berlipat-lipat. Namun kadang harga nya bisa turun hingga tak ternilai. Karena Hal ini  yang membuat budidaya tanaman cabe  menjadi tantangan tersendiri bagi para petani petani di indonesia. Perlu anda ketahui bahwa Kondisi iklim di Indonesia sangat lah cocok untuk anda  membudidayakan cabe  karena dimana matahari bersinar penuh. Perlu anda ketahui juga bahwa Tanaman ini juga ternyata bisa tumbuh dengan baik di salah dataran rendah hingga ketinggian 1300 meter diatas permukaan laut.

Sedangkan untuk Suhu yang paling optimal untuk pertumbuhan tanaman cabe , yaitu di antara 23 sampai 28 derajat Celcius. Namun untuk suhu yang terlalu dingin yaitu di bawah 16 atau panas nya diatas 30 maka pertumbuhan cabe  akan terganggu. Cabe  bisa tumbuh di musim kemarau asal mendapatkan pengairan yang cukup.

Cara Menanam Cabe Di Pot

Nah berikut ini saya akan berikan tata cara untuk menanam cabe  hingga mendapatkan hasil yang memuaskan dan melimpah. Cara menanam cabe  alangkah baik nya kalau anda menggunakan biji cabe yang berkualitas agar bisa mendapat kan hasil yang bagus dan memuaskan. Nah berikut ini langkah langkah untuk menanam cabe  :

  1. Cara Membuat Benih Cabe sebagai bibit untuk ditanam di Pot

nah untuk Membuat Benih Cabe  Sebenarnya ada cara yang cukup praktis untuk menyiapkan benih cabe , yaitu dengan cara anda membelinya di toko pertanian terpercaya yang ada di lingkungan tempat tinggal anda. Namun Tetapi karena tujuan kita ini ingin menanam cabe  untuk mendapatkan kualitas yang bagus dan hasil yang memuaskan maka kita bisa belajar untuk membuat bibit nya sendiri tanpa harus membeli di toko toko pertanian.

Berikut ini saya akan berikan beberapa hal untuk anda semua yang harus perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan bibit cabe  yang bagus dan berkualitas.Nah maka dari itu Mendingan anda ambil cabe   yang anda beli di warung atau penjual sayur yang keliling di komplek rumah, karena cabe  nya yang di jual adalan cabe  yang  matang. Namun Akan lebih baik lagi jika anda sudah memiliki pohon cabe  sendiri yang akan anda buat untuk dijadikan benih.

Lalu kemudian anda Pilih terlebih dahulu buah cabe  yang sudah matang dan yang sudah berwarna . Lalu anda Pastikan buah cabe  nya cukup  bagus dan tidak memiliki kelainan warna atau yang terserang penyakit.

Setelah itu cabe   yang akan anda buat untuk dijadikan benih, lalu yang harus anda lakukan yaitu potong potong lah cabe  yang sudah anda pilih menjadi tiga bagian. Dan anda cukup mengambil bagian tengah buah cabe nya saja lalu kemudian pisahkan bagian bijinya dari kulit atau daging cabe . Karena Pada langkah yang pertama ini anda sudah memiliki calon benih bibit cabe  yang berkualitas. Untuk langkah Berikutnya anda harus siapkan terlebih dahulu sebuah tempat atau wadah, anda bisa menggunakan baskom, gelas, atau ember lalu isi ada tersebut dengan air hangat. Sedangkan untuk  Langkah berikutnya anda harus siapkan satu siung bawang  yang kemudian anda  haluskan dengan menggunakan alat. Lalu kemudian anda Campurkan bawang  yang sudah anda halus tersebut ke dalam air hangat yang sudah anda siapkan ke dalam wadah tadi. Kemudian Setelah itu anda masukkan biji cabe  yang sudah anda siapkan untuk dijadikan bibit dan rendam dengan jangka waktu kurang lebih satu hari.

Keesokan hari nya anda akan mendapati biji cabe  yang yang tenggelam dan yang melayang lalu selanjut nya anda pisahkan biji cabe  tersebut  dan ambil yang tenggelam saja dan untuk biji yang melayang cukup anda buang karena bibit ini tak layak untuk dijadikan bibit cabe.lalu kemudian langkah selanjutnya anda harus Tiriskan biji cabe yang anda dapatkan tadi yaitu kurang lebih 2 jam sembari anda menyiapkan wadah untuk menyemai bibit tersebut.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele

Setelah itu anda Jemur benih bibit cabe  yang sudah anda seleksi tadi tapi ingat jangan langsung di taruh di bawah terik sinar matahari. Dan apabila bibit cabe  sudah benar benar mengering maka  langkah selanjut nya  anda tinggal menanam nya di sebuah wadah.

  1. Cara untuk menyemai bibit cabe ke dalam pot

Langkah berikutnya yang harus anda lakukan setelah anda berhasil membuat benih cabe sendiri yaitu dengan cara menyemai nya. Pasti anda bertanya Tanya Kenapa kok tidak langsung ditanam saja di tanah atau di pot? kan itu sangat simpel dan nggak ribet dan gak perlu proses yang cukup lama?. Nah sekarang perlu anda ketahui bahwa kalau bibit cabe itu langsung anda tanam di tanah atau di pot maka hasil kan akan buruk dan kualitas nya rendah, maka dari itu bibit cabe  yang sudah kita buat alangkah baik nya kalau kita menyemai nya terlebih dahulu yaitu agar tujuan nya benih bibit cabe di dalam persemaian adalah untuk menyeleksi bibit cabe yang bagus dan jelek atau cacat dan terkena penyakit. Selain itu juga kita bisa dapat memastikan bahwa bibit cabe yang akan ditanam sudah cukup kuat untuk di pindahkan ke media tanah atau pot.

  1. Penyiapan media tanam dalam Pot

Selanjut nya anda Pilih pot  yang cukup besar agar media tanam ini mampu menopang pertumbuhan tanaman cabe yang rimbun. Selain itu anda juga bisa menggunakan pot yang terbuat dari semen, tanah, atau keramik. Berikut ini Cara menanam cabe dalam pot anda bisa menggunakan media tanam yang berasal dari campuran tanah, pupuk kandang, kompos, sekam padi.

Berikut ini ada Beberapa contoh untuk komposisi media tanam diantaranya yaitu :

  1. anda Campur tanah dengan kompos dengan komposisi perbandingan 2:1
  2. lalu anda Campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang, dengan komposisi perbandingan 1:1:1,
  3. selanjut nya anda Campuran pupuk kandang dan tanah dengan komposisi 1:2.

Selanjut nya anda Buat media tanam dengan cara sehalus mungkin dengan cara mengayaknya. Kemudian anda Campurkan kira kira sekitar 3 sendok NPK dalam setiap pot. Kemudian anda Aduk hingga benar-benar rata tercampur. lalu anda Lapisi bagian dalam pot bagian bawah dengan sabut kelapa, hal ini berguna agar air tidak menggenangi perakaran pada tanaman cabe anda.

Cara Menanam Cabe Organik Dalam Pot Yang Baik Dan Benar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme