Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara Menanam Cempedak

Cara Menanam Cempedak – Buah Cempedak yaitu buah yang berasal dari famili Moraceae. dimana Bentuk buah cempedak ini hampir sama dengan buah nangka, sedangkan untuk rasa dan aromanya sangat menusuk kuat dan sangat lah mirip dengan buah durian. dan Buah cempedak ini memiliki harga jual yang sangat  tinggi dan sealin itu juga buah cempedak ini merupakan buah musiman yang sangat jarang di temui di pasar modern karena buah cempedak ini belumlah termasuk kedalam buah yang memiliki sebuah btingkatan yang lebih apabila di bandingkan dengan kelas buah buah lainya.

Nah berikut ini saya akan berikan beberapa manfaat yang terdapat didalam buah cempedak yang dimana mungkin sebagian dari anda belum mengetahui manfaat dan kandungan yang terdapat dibuah cempedak yang dimana kandungan dan gizi nya sangatlah baik untuk kesehatan tubuh kita, berikut ini manfaat yang terdapat didalaam buah cempedak :

  1. Mampu Membuat mata sehat
  2. Makanan bergizi
  3. Mampu Mengatasi kolesterol
  4. Mampu Mengatasi tumor
  5. Mampu Mengobati malaria
  6. Mampu Menyingkirkan parasit
  7. Mampu Menyehatkan pencernaan
  8. Mampu menambah Asupan air untuk tubuh
  9. Mampu Membuat tubuh langsing
  10. Mampu Meningkatkan daya tahan tubuh
  11. Mampu Mencegah stroke
  12. Mampu menambah Nutrisi ibu hamil pasca melahirkan
  13. Mampu Menguatkan tulang
  14. Mampu memberikan Anti oksidan alami
  15. Mampu Mencegah anemia

nah Itulah 15 manfaat dan khasiat yang terdapat dalam buah cempedak yang sangat baik untuk kesehatan yang perlu harus Anda ketahui. nah Semoga bermanfaat untuk anda dalam menambah pengetahuan dalam menjaga kesehatan anda dengan cara mengonsumsi buah yang sehat. dan cobalah untuk menjaga kesehatan Anda dengan dengan mengkonsumsi buah buahan  yang ada di sekitar Anda. karena Pola hidup yang sehatlah yang akan lebih menguntungkan untuk Anda nantinya di masa depan.

Sayarat Syarat untuk pertumbuhan Buah Cempedak dan cara menanam cempedak

Cara Menanam Cempedak

  1. Iklim

Sedangkan untuk pohon Cempedak paling cocok apabila ditanam di daerah yang memeilki curah hujan yang cukup tinggi. Selain itu buah  Cempedak ini mampu untuk dapat tumbuh di daerah yang kering yaitu di daerah-daerah yang memilki  bulan kering yang lebih dari 4 bulan, selain itu juga buah Cempedak harus mendapatkan Sinar matahari yang sangat diperlukan untuk memacu pertumbuhan nya, karena pohon  Cempedak ini termasuk intoleran apabila Kekurangan sinar matahari maka akan dapat menyebabkan terganggunya pembentukan pada bunga dan buah serta memperlambat pertumbuhan

2.Media Tanam

pada Umumnya tanah yang paling disukai untuk buah  Cempedak yaitu tanah yang gembur dan berpasir. Ternyata Pohon  Cempedak ini dapat untuk tumbuh dari mulai daerah yang memilki dataran rendah sampai daerah yang memilki ketinggian tempat mencapai 1.300 meter diatas permukaan laut. Namun lokasi yang baik untuk tanaman buah  Cempedak yaitu dengan ketinggian tempat untuk pertumbuhan  Cempedak antara 0 sampai 800 meter diatas permukaan laut.

Nah Berikut ini saya akan berikan beberapa tahapan-tahapan untuk anda dalam melakukan Menanam tanaman buah angka agar mampu untuk tumbuh dan berbuah.

  1. Pemilihan Bibit

Untuk tahapan yang pertama yang harus anda lakukan yaitu harus memillih Bibit yang berasal dari jenis yang unggul. Sedangkan Bibit nya pun harus sehat yang dapat anda lihat dari sosoknya yang sangat kokoh, dengan batangnya yang kuat, sangat lurus dan tumbuh nya sangat tegak, dengan memilki percabangan banyak serta memilki daun bagian atas yang berwarna hijau segar sangat mengkilap.

  1. Pengolahan Media Tanam

Langkah selanjut nya yang harus anda lakukan yaitu dengan cara melakukan pengolahan pada tanaman karena mampu mempengaruhi pada pertumbuhan tanaman buah  Cempedak seperti gulma, kemudian genangan air, serta struktur pola tekstur tanah yang harus dibenahi atau dikendalikan. Berikut ini Hal hal yang perlu anda perhatikan dalam melakukan penanaman buah  Cempedak :

  1. Teknik Penanaman

– Penentuan Pola Tanam

Pohon  Cempedak yang akan dipelihara di kebun maka buah  Cempedak harus memiliki jarak tanamnya 8 sampai  12 m, dalam bentuk pola segi empat atau segi enam dengan memiliki kepadatan yang umum adalah 100 sampai 120 batang perhektar nya. Sedangkan untuk Jarak tanamnya yaitu antara lobang tanam kira kira dengan ukuran 12 x 12 m atau 4 x 6 m. sedangkan untuk Pembuatan Lobang pada Tanam ini dibuat dengan memilkik ukuran 0,5 x 0,5 x 0,5 m.

– Cara Penanaman

Sedangkan untuk Penanaman nya dapat dilakukan pada sore hari atau pagi hari pada waktu permulaan musim penghujan yaitu paling baik saat curah hujan sudah cukup merata. Kemudian Bibit ditanam pada lubang yang sudah anda sediakan, tanam bibit dengan tegak lurus.

– Pembuatan Lubang pada Mulsa

Kemudian anda lakukan Pemberian mulsa di sekitar area pohon  Cempedak karena hal ini sangat perlu terutama pada saat musim kemarau tiba hal ini sangat bertujuan untuk meningkatkan kelembapan tanah.

– Pemupukan

Pemupukan dilakuakan Pada lubang tanam, sedangkan untuk tanah tanah hasil dari galian maka harus dicampur dengan menggunakan pupuk kandang kira kira 20 kg untuk perlubang dan di tambah dolomit 0,5 kg perlubang hal ini dilakukan untuk menaikkan pH pada tanah. Nah kemudian Tanah yang sudah anda beri campuran ini dan dimasukkan ke dalam lubang kira kira 2 sampai 3 minggu sebelum anda melakukan penanaman.

-Pemeliharaan Tanaman Cempedak

perlu anda ketahui bahwa apabila tunas sudah muncul pada sebuah batang atau cabang tanaman Cempedak itu berarti tanaman Cempedak akan segera berbuah. nah Untuk itu, maka anda harus lakukan penyiangan pada daun yang kering yang berada di sekeliling batang karena Hal ini dilakukan supaya akar tanaman Cempedak ini mendapatkan oksigen yang cukup dan supaya tanah yang berada disekitaran akar tanaman ini tidak lembab dan tidak basah.

apabila Jika buah Cempedak ini sudah mulai membesar,maka buah Cempedak tersebut harus segera anda bungkus hal ini dilakukan untuk mencegah buah Cempedak terserang dari berbagai hama seperti tupai, lalat buah, dan hama hama lainnya. sedangkan untuk Pembukus buah cempedak ini dapat anda lakukan dengan menggunakan kantong plastik hitam atau bisa juga menggunakan bahan yang lainnya.

-Panen Cempedak

sedangkan untuk pemanenannya ini biasaya 1 tangkai buah Cempedak ini biasanya terdapat 3 sampai 10 buah. sedangkan Untuk mengetahui apakah buah cempedak ini siap panen apa belum nya, anda hanya cukup dapat menggunakan sebuah peniti atau jarum lalu kemudian anda tusukan ke tangkai buah Cempedak yang bagian atas atau anda juga bisa melakukan nya dengan cara tusukan pada buah Cempedak, nah apabila sudah dirasa biji buah Cempedak ini sudah keras maka berarti buah Cempedak tersebut sudah cukup tua dan sudah dapat untuk di petik.

Cara Menanam Cempedak Manis Dan Lebat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme