Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara Menanam Jambu Biji

Cara Menanam Jambu Biji – selamat malam para petan di seluruh Indonesia. Nah buat anda semua yang ingin menanam buah Jambu Biji  dengan hasil yang melimpah namun belum tahu tata cara untuk menanam nya , maka alangkah baik nya kalau anda bergabung bersama kami di website ini karena pada kesempatan kali ini kami akan berikan kepada anda mengenai panduan teknis untuk menanam buah Jambu Biji  dengan hasil yang sangat melimpah.

Pada kesempatan kali ini saya akan berikan pembahasan mengenai “Cara Menanam Jambu Biji ”.  Nah sebelum kita lanjut ke tahap penanaman, maka alangkah baik nya kalau anda mengetahui terlebih dahulu manfaat yang terdapat dalam buah jambu biji.

Manfaat buah Jambu Biji

nah berikut ini ada beberapa manfaat yang terdapat didalam jambu biji yang sangat lah baik untuk kesehatan anda :

  1. Mampu untuk Meningkatkan imunitas tubuh

karena buah Jambu biji ini merupakan salah satu buah yang mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.karena mengandung vitamin C yang tinggi.

  1. mampu mencegah Anti-tumor dan anti-inflamasi

karena buah jambu biji ini memiliki Kandungan lycopene yang sangat bermanfaat sebagai zat anti-inflamasi dan mampu untuk mencegah pertumbuhan tumor.

  1. mampu Mencegah kanker

Karena buah jambu biji ini banyak mengandung zat antioksidan seperti fitonutrien dan flavonid, sehingga buah ini sangat efektif untuk mencegah kanker.

  1. mampu Menjaga tekanan darah

karena buah Jambu biji ini memiliki banyak manfaat yang mampu untuk menjaga tekanan darah. karena jambu biji ini mengandung kalium.

  1. mampu untuk Mencegah penuaan dini

karena Kandungan zat antioksidan yang tinggi yang terdapat didalam jambu ini mampu untuk menetralkan radikal bebas dan sangat mampu untuk mencegah  penuaan dini.

  1. sangat Baik untuk penderita diabetes

karena didalam buah jambu biji ini terdapat Kandungan serat yang sangat berfungsi sebagai obat yang alami bagi penderita diabetes.

  1. mampu untuk Menyehatkan kulit

di dalam buah Jambu biji ini banyak mengandung vitamin A, dan nutrisi yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan pada kulit.

  1. mampu Mendukung kesehatan mata

karena buah jambu biji ini memiliki Kandungan vitamin A yang sangat lah baik untuk mencegah infeksi pada mata dan penyakit mata.

  1. mampu Meningkatkan sistem pencernaan

karena buah jambu ini memiliki Kandungan lycopene yang terdapat didalam jambu biji yang dimana sangatlah baik dalam membantu meningkatkan kesehatan pada pencernaan.

  1. mampu Menambah jumlah darah

karena didalam Jambu biji ini mengandung vitamin K, vitamin E, niasain, folat, mangan, magnesium, tembaga dan asam panthothenic yang dimana semuanya ini sangatlah bermanfaat untuk anda menambah jumlah sel sel darah merah dalam tubuh anda.

buat anda semua yang akan melakukan budidaya tanaman buah Jambu Biji  maka alangkah baik nya kalau anda mengikuti langkah langkah yang sudah saya berikan untuk anda sepeti di bawah ini. Berikut ini ada beberapa cara untuk menanam Jambu Biji seperti dibawah ini :

Cara Menanam Jambu Biji

Cara Menanam Jambu Biji

  1. Persiapan Bibit Jambu Biji

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah Persiapan bibit atau benih Jambu Biji. Pembibitan Jambu Biji ini cukup anda lakukan dengan cara vegetatif, yaitu melalui stek, atau sambungan dan bisa juga secara okulasi. Sedangkan untuk Bibit atau benih yang dipilih harus berasal dari buah Jambu Biji yang liar dengan memiliki perakaran yang cukup kuat dan luas dan meiliki pohon yang kokoh. Sedangkan untuk mata tunas itu sendiri bisa diambil dari batang tanaman yang unggul dan sehat.

  1. Pemidahan Tunas Kedalam Pot atau Polybag

Setelah bibit Jambu Biji  ini tumbuh tunas dan sudah mengeluarkan akar,maka yang harus anda lakukan dalam proses selanjutnya yaitu anda memindahkan bibit Jambu Biji  tersebut kedalam sebuah media pot atau polybag.kemudian anda Isilah pot atau polybag ini dengan tanah yang gambu yang memiliki unsure hara dengan pH netral, kemudian anda tambahkan pupuk kompos dengan memiliki perbandingan 2 berbanding 1.

Kemudian anda buatlah lubang pada tanam untuk meletakan bibit Jambu Biji  yang telah memiliki tunas ini dan yang sudah tumbuh akar tersebut. Selanjut nya anda Pindahkan bibit  Jambu Biji  dengan secara hati-hati, agar tidak mengganggu atau tidak merusak akar yang tumbuh pada bibit Jambu Biji  tersebut. Lalu selanjut nya anda tutup kembali dengan menggunakan tanah, kemudian anda siram dengan menggunakan air secukupnya agar area yang berada disekitar bibit Jambu Biji  ini tetap dalam kondisi yang lembab.Kemudian selanjut nya anda yaitu Lakukan penyiraman pada tumbuhan dengan secara rutin sampai benih yang anda tanam dalam pot tersebut dapat tumbuh daun, pada umumnya tahapan ini akan membutuhkan waktu kira kira sekitar 3 sampai  4 minggu.

  1. Pemindahan tanaman Ke Lahan

Apabila bibit Jambu Biji  ini sudah tumbuh daun kira kira sekitar 5 sampai  7 helai, maka langkah selabjut nya anda lakukan yaitu bibit Jambu Biji  yang telah siap untuk dipindahkan kelahan tanam yang sudah anda siapkan. Namun alangkah sebaiknya kalau yang harus anda lakukan yaitu dengan penggemburan pada tanah terlebih dahulu dengan menggunakan cara mencangkulnya sampai gembur, kemudian anda tambahkan pupuk kompos agar tanah mampu untuk menyediakan dan memiliki ketersedian nutrisi yang terdapat dalam tanah ini tetap terjaga dengan keadaan yang baik.

Kemudian langkah selanjut nya anda Pindahkan bibit Jambu Biji  tersebut namun sebaiknya pemindahan dilakukan pada pagi hari hal ini di karenakan tanaman agar tidak mengalami stres apabila terpapar sinar matahari pada siang hari.

  1. Perawatan Pohon Jambu Biji

Selanjut nya yang ahrus anda lakukan yaitu penyiraman secara rutin pada tanaman Jambu Biji , namun yang paling terutama pada saat memasuki musim kemarau. Karena Tanaman Jambu Biji  ini sangatlah senang apabila dengan kondisi lingkungan yang cukup lembab namun tidak cukup basah. Kemudian anda lakukan pemupukan pada tanaman dengan menggunakan pupuk seperti  pupuk NPK dengan menggunakan takaran kira kira sekitar 1/4 kg untuk per tanaman Jambu Biji , kemudian anda lakukan pemupukan ini secara rutin setiap 4 bulan sekali untuk semua tanaman.

5.pemanenan

buah jambu biji ini bisa untuk dipanen jika buah sudah berumur tiga tahun dari masa tanam, sedangkan untuk proses panen pun sudah dapat untuk dilakukan. namun Sebelum anda memanen buah jambu biji, maka alangkah baiknya kalau anda pastikan terlebih dahulu bahwa buah yang akan dihasilkan ini sudah matang  dengan Perhatikanlah ciri-ciri seperti berikut ini : dimana Kulit pada buah sudah berwarna hijau agak kekuningan dan sudah cukup mengkilap, selain itu buah yang sudah matang ini Mengeluarkan aroma yang khas jambu biji dan memiliki Tekstur buah yang lunak

Cara Menanam Jambu Biji Dari Biji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme