Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara Menanam Jeruk Keprok

Cara Menanam Jeruk Keprok – hai para petani selamat datang kembali di website kami, oke kali ini saya akan berikan penjelasan untuk anda semua mengenai cara untuk menanam Jeruk Keprok. Perlu anda ketahui bahwa Jeruk Keprok yang merupakan salah satu jenis tanaman buah yang sudah sangat dikenal oleh semua orang dan sangat populer disemua kalangan masyarakat. Tanaman buah Jeruk Keprok ini juga memiliki banyak ragam dan beberapa variasi namun tergantung dengan kondisi daerah masing-masing yang akan ditanamai Jeruk Keprok. Jeruk Keprok yang merupakan salah satu tumbuhan yang berbunga dan merupakan salah satu anggota dari “marga citrus” yang berasal dari suku Rutaceae. Tanaman ini berbentuk pohon dengan memilki buah yang berdaging dengan memiliki rasa yang segar dan selain ada juga Jeruk Keprok yang memiliki rasa yang sangat manis.

Perlu anda ketahui bahwa Jeruk Keprok saat ini sudah banyak di budidayakan, namun bagi anda yang ingin membudidayakan nya namun tidak memiliki lahan yang luas untuk membudidayakan tanaman Jeruk Keprok, kini anda bisa melakukan budidaya tanaman Jeruk Keprok maka anda bisa melakukan budidaya tanaman ini hanya cukup dengan menanam Jeruk Keprok dengan menanam nya di dalam pot. Nah Kali ini saya akan membahas bagaiman cara untuk menanam Jeruk Keprok manis dalam pot.

Manfaat Jeruk Keprok

buah Jeruk Keprok ini memiliki berbagai banyak kandungan gizi yang sangat tinggi, tidak hanya vitamin C yang terdapat dalam buah Jeruk Keprok tapi juga buah Jeruk Keprok memiliki nutrisi lainnya seperti :kalori,serat yang sangat tinggi dan Protein. selain it buah Jeruk Keprok adalah salah satu tanaman buah terbesar yang ada di dunia, negara Brasil sebagai penghasil buah Jeruk Keprok terbesar di dunia karena Jeruk Keprok memiliki Rasa yang favorit nomer tiga di dunia setelah vanila dan cokelat. Berikut ini ada beberapa manfaat Jeruk Keprok yang baik untuk tubuh kita antara lain :

  1. Mampu Mengurangi resiko kanker
  2. Mampu Melindungi kolestrol
  3. Mampu Melindungi pembuluh darah
  4. Mampu Menurunkan risiko stroke
  5. Mampu menambah tenaga
  6. Mampu Melindungi kesehatan gigi
  7. Mampu Melindungi mata
  8. Mampu Melancarkan pencernaan
  9. Mampu Mengurangi peradangan
  10. Mampu Melindungi jantung
  11. Mampu Mengurangi resiko kanker
  12. Mampu Melindungi kolestrol
  13. Mampu Melindungi pembuluh darah
  14. Mampu Menurunkan risiko stroke
  15. Mampu Melindungi tenaga
  16. Mampu Melindungi kesehatan gigi
  17. Mampu Melindungi mata
  18. Mampu Melancarkan pencernaan
  19. Mampu Mengurangi peradangan
  20. Mampu Melindungi jantung

Buah Jeruk Keprok ini pada umumnya dapat berbunga dan berbuah pada waktu setahun sekali. Jeruk Keprok akan memiliki mahkota bunga yang berwarna putih agak kekuningan dengan memiliki kelopak yang bentuknya seperti cawan. Bentu Buah Jeruk Keprok ini bulat atau namun agak sedikit lonjong dengan memiliki ukuran yang cukup besar dan memiliki warna kulit buahnya yang berwarna agak hijau atau juga berwarna kekuningan yang mengkilap.

Cara Menanam Jeruk Keprok

Cara Menanam Jeruk Keprok

Berikut ini saya akan berikan beberapa cara untuk anda yang ingin menanam buah jerk dan berikut ini Cara untuk Menanam Jeruk Keprok :

  1. Bibit Jeruk Keprok

Bibit Jeruk Keprok dapat anda peroleh dengan cara generatif yaitu dengan cara menggunakan biji dan selain itu anda juga bisa menggunaka cara vegetatif yaitu dengan cara melakukan okulasi. Namun apabila anda  ingin menanam buah Jeruk Keprok ini kedalam pot maka saya sarankan kalau anda tanam bibitnya yang berasal dari hasil okulasi yang mungkin bisa anda dapatkan dengan membeli bibitnya di toko tanaman buah yang ada disekitar anda.

  1. Tempat Menanam Atau Pot Tanam Dan Media Tanam

selanjut nya anda siapkan pot yang akan jadikan sebagai wadah untuk menanam bibit Jeruk Keproknya. sedangkan Pot yang digukanakan untuk tanam Jeruk Keprok maka sebaiknya anda menggunakan pot yang terbuat dari plastik, tanah, atau semen, selain itu anda juga bisa menggunakan pot porselen ataupun pot yang terbuat dari kayu dengan memiliki ukuran yang sangat menyesuaikan dengan ukuran bibit Jeruk Keprok yang akan akan tanam.

Media Tanam

Sedangkan untuk Media tanam yang akan digunakan untuk menanam bibit Jeruk Keprok anda bisa menggunakan tanah yang berasal kebun atau juga anda bisa menggunakan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang dan pasir.

  1. Penanaman Bibit Jeruk Keprok Dalam Pot

Pertama yang harus anda lakkan, dengan cara pot tanam yang terdapat lubang di bagian dasar pot itu maka harus anda tutup lubangnya dengan menggunakan pecahan genting yang kemudian disusun rapi, lalu selanjut nya anda berikan kerikil dan pasir dibagian atasnya. Lalu Kemudian, anda masukan media tanam yang sudah anda buat kira kira hingga seper tiga bagian dari pot. Kemudian selanjutnya Bibit Jeruk Keprok yang berada didalam polybag anda keluarkan lalu anda pangkas sebagian dari akarnya, kemudian selanjutnya anda Letakkan bibit Jeruk Keprok tersebut tepat di tengah tengah  pot dan kemudian selanjutnya anda timbun dengan bibit Jeruk Keprok dengan menggunakan media tanam hingga pot itu terisi penuh. maka selanjutnya anda lakukana penyiraman dengan menggunakan air secukupnya hal itu dilakukan agar media tanam yang berada didalam pot memadat.

  1. Pemeliharaan Tanaman Jeruk Keprok

Pemupukan

Apabila anda ingin menghasilkan buah jerk dengan kualitas baik maka alangkah baiknya kalau buah Jeruk Keprok ini diLakukan pemupukan kira kira setiap 4 bulan sekali dengan rutin yaitu dengan menggunakan jenis jenis  pupuk seperti NPK, sedangkan untuk dosisnya untuk pemupukan pertama yaitu 25 gram pertanaman dan anda selanjutnya lakukan pemupukan dengan ditambah sesuai dengan umur tanaman Jeruk Keprok yaitu kira kira menjadi 50 gram pertanaman dan begitupun seterusnya.

Penyiraman dan Penyinaran

Sedangkan Untuk penyiraman maka anda jangan melakukannya secara rutin, anda cukup lakukan nya dengan cara letakkan tabulapot Jeruk Keprok ini pada suatu tempat yang akan mendapatkan sinar matahari secara penuh, karena tabulapot Jeruk Keprok ini sangat membutuhkan sinar matahari kira kira 5 jam dalam sehari.

Pemangkasan

Sedangkan untuk meningkatkan produktivitas buah Jeruk Keprokn serta untk mempercantik tampilan tanaman Jeruk Keprok maka anda perlu melakukan pemangkasan pada tanaman Jeruk Keprok. Pemangksan ini dilakukan untuk membentuk cabang pada tanaman Jeruk Keprok, dan anda lakukanlah pemangkasan pada ranting yang kering saja atau pada ranting yang terserang oleh hama penyakit.

Panen Jeruk Keprok

Sedangkan Pada umumnya, pemanenan tanaman Jeruk keprok ini dapat dilakukan setelah jeruk ini berumur 26 sampai 36 minggu dari masa pembungaan. Nah Pada saat itu, jeruk keprok ini sudah memasuki kematangan yang sangat optimal. Sedangkan untuk Pemanenan yang tepat dapat dilakukan ketika waktu siang hari, yaitu dengan cara memotong tangkai buahnya menggunakan gunting pangkas..

Cara Menanam Jeruk Keprok yang Hasilkan Buah Berlimpah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme