Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara Menanam Kol Di Pot

Cara Menanam Kol Di Pot – hai tuan tuan Selamat datang di blog kami, dimana tuan tuan bisa belajar bersama mengenai seputar berkebun dan bercocok tanam. Nah Kali ini akan saya bagikan pengalaman tentang Cara menanam Kol di pot dengan hasil yang memuaskan. Nah sebelum anda memulai untuk menanam Kol  maka alangkah baiknya kalau anda pelajari dulu tata cara menanam Kol , nah untuk anda yang ingin mendapatkan hasil panen Kol  yang memuaskan maka terlebih dahulu anda harus memulai nya dari persiapan dengan keadaan yang baik di awal pekerjaan nya.

kol atau sering disebut “engkol atau kbis” atau bahasa latinnya biasa disebut “Brassical oleracea var. Capitata” yaitu salah satu tanaman yang berumur setahun atau tanaman yang berbentuk seperti perdu. dan memiliki Bentuk daunnya yang bulat seperti telur sampai dan ada juga yang berbentuk lonjong dan ada juga yang berbentuk lebar lebar seperti sebuah “tepas”

Manfaat Kol Untuk Kesehatan

Manfaat kol yang sangat baik untuk kesehatan seperti dibawah ini :

  1. Sayuran kol mampu Membantu pembentukan sel darah merah
  2. Sayuran kol mampu Mencegah kanker
  3. Sayuran kol mampu Mengontrol tekanan darah tinggi
  4. Banyak Mengandung vitamin C
  5. Sayuran kol mampu Menurunkan Berat Badan
  6. Sayuran kol mampu untuk Detoksifikasi Tubuh
  7. sangat Baik Untuk Otak
  8. sangat Baik Untuk Mata
  9. Anti Inflamasi
  10. Sayuran kol mampu menjaga Kesehatan Tulang
  11. Sayuran kol mampu Mengatasi Sakit Kepala
  12. Sayuran kol mampu Melancarkan BAB
  13. sangat Sehat untuk pencernaan
  14. sangat Baik untuk janin
  15. sangat Baik untuk jantung

Cara Menanam Kol di Pot

Cara Menanam Kol Di Pot

Nah berikut ini saya akan berikan tata cara untuk menanam Kol  hingga mendapatkan hasil yang memuaskan dan melimpah. Cara menanam Kol  alangkah baik nya kalau anda menggunakan biji Kol yang berkualita agar bisa mendapat kan hasil yang bagus dan memuaskan. Nah berikut ini langkah langkah untuk menanam Kol  :

1.Cara Membuat Benih Kol  

nah untuk Membuat Benih Kol  Sebenarnya ada cara yang cukup praktis untuk menyiapkan benih Kol , yaitu dengan cara anda membelinya di toko pertanian terpercaya yang ada di lingkungan tempat tinggal anda. Lalu setelah itu benih yang sudah anda siapkan harus anda rendam dulu agar anda bisa mengetahui mana benih yang bagus dan jeleknya yaitu dengan cara direndam, apabila saat direndam itu terdapat benih yang mengapung maka anda harus membuangnya karena anda hanya oerlu mengambil benih yang tenggelam saja, sedangkan langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu dengan cara anda Jemur benih bibit Kol  yang sudah anda seleksi tadi tapi ingat jangan langsung di taruh di bawah terik sinar matahari. Dan apabila bibit Kol  sudah benar benar mengering maka  langkah selanjut nya  anda tinggal menanam nya di sebuah wadah.

Cara untuk menyemai bibit Kol

Langkah berikutnya yang harus anda lakukan setelah anda berhasil membuat benih Kol yaitu dengan cara menyemai nya. Pasti anda bertanya Tanya Kenapa kok tidak langsung ditanam saja di tanah atau di pot? kan itu sangat simpel dan nggak ribet dan gak perlu proses yang cukup lama?. Nah sekarang perlu anda ketahui bahwa kalau bibit Kol itu langsung anda tanam di tanah atau di pot maka hasil kan akan buruk dan kualitas nya rendah, maka dari itu bibit Kol  yang sudah kita buat alangkah baik nya kalau kita menyemai nya terlebih dahulu yaitu agar tujuan nya benih bibit Kol di dalam persemaian adalah untuk menyeleksi bibit Kol yang bagus dan jelek atau cacat dan terkena penyakit. Selain itu juga kita bisa dapat memastikan bahwa bibit Kol yang akan ditanam sudah cukup kuat untuk di pindahkan ke media tanah atau pot.

Penyiapan media tanam

Selanjutnya anda Pilih pot  yang cukup besar agar media tanam ini sayuran kol mampu menopang pertumbuhan tanaman Kol yang rimbun. Selain itu anda juga bisa menggunakan pot yang terbuat dari semen, tanah, atau keramik. Berikut ini Cara menanam Kol dalam pot anda bisa menggunakan media tanam yang berasal dari campuran tanah, pupuk kandang, kompos, sekam padi.

Berikut ini ada Beberapa contoh untuk komposisi media tanam diantaranya yaitu :

1.anda Campuran tanah dengan kompos dengan komposisi perbandingan 2:1

2.lalu anda Campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang, dengan komposisi perbandingan 1:1:1,

3.selanjut nya anda Campuran pupuk kandang dan tanah dengan komposisi 1:2.

Cara menanam kol Polybag

kol merupakan salah satu tanaman yang diperbanyak dengan cara menggunakan biji. nah Sebelum ditanam, benih kos harus terlebih dahulu disemai. Setelah disemai maka langkah selanjutnya bibit dari kol ini dilakukan pembibitan. nah Setelah tahap pembibitan ini selesai, maka tahapan selanjutnya barulah anda melakukan penanaman. nah Sebelum anda melakukan penanaman, maka sebaiknya anda siapkan dulu polybag yang kemudian anda isi dengan menggunakan tanah yang bagus  yaitu dengan tanah yang gembur. nah sedangkan untuk pH tanah ini alangkah baiknya jangan terlalu asam. sedangkan pH tanah yang sangat cocok untuk melakukan budidaya kol yaitu kurang dari 5,2. namun Apabila pH tanah ini kurang dari 5,2 maka anda bisa memberikan kapur pertanian pada tanah. kemudian Buatlah lubang pada tanam. kemudian anda Masukkan bibit kol tersebut lalu kemudian anda Tutup dengan menggunakan tanah.

Memelihara tanaman kol

nah Setelah anda selesai dalam proses penanaman maka langkah selanjutnya yang anda lakukan, yaitu dengan cara tanaman harus dipelihara. sedangkan untuk Pemeliharaan tanaman kol ini harus dilakukan dengan secara baik. perlu anda ketahui bahwa Tanaman kol ini merupakan salah satu tanaman yang sangat memerlukan air dimana air ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan akan air. sedangkan untuk Penyiraman yang baik dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu dua kali dalam sehari, pada waktu pagi dan sore hari.

kemudian tahap selanjutnya anda lakukan yaitu menghilangkan gulma atau rumput-rumput liar yang berada disekitar tanaman kol dan disekitar lingkungan penanaman kol. untuk Penyiangan ini dapat dilakukan pada saat gulma ini telah tumbuh kira kira sekitar 10 cm.

Pemupukan

Pemupukan yang harus dilakukan untuk tanaman kubis yaitu dibagi menjadi dua jenis, yaitu pertama dengan cara pemupukan dasar dan kemudian pemupukan anorganik. sedangkan Pemupukan dasar ini dilakukan pada saat anda melakukan pengolahan lahan. Sedangkan untuk pemupukan anorganik ini dapat dilakukan ketika tanaman kol sudah berumur 14 hari dan 31 hari setelah tanam.

Cara panen kol

Tanaman kol ini dapat di panen apabila kropnya sudah besar, padat,dan penuh. atau kol yang sudah berumur 3 sampai 4 bulan dari masa tanam. alangkah baiknya kalau proses Panen ini jangan sampai terlambat, karena akan bisa mengakibatkan pecah dan bisa jadi keluar tangkai bunga, hingga akan  mengurangi kwalitas dari hasil kol yang annda tanam.

Cara Menanam dan Merawat Kubis dalam Pot dan Polybag serta perawatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme