Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara Menanam Pare Di Pot

Cara Menanam Pare Di Pot – hai tuan tuan Selamat datang di blog kami, di mana tuan tuan bisa belajar bersama mengenai seputar berkebun dan bercocok tanam. Nah Kali ini akan saya bagikan pengalaman tentang Cara menanam pare dipot dengan hasil yang memuaskan. Nah sebelum anda memulai untuk menanam pare  maka alangkah baiknya kalau anda pelajari dulu tata cara menanam pare , nah untuk anda yang ingin mendapatkan hasil panen pare  yang memuaskan maka terlebih dahulu anda harus memulai nya dari persiapan dengan keadaan yang baik di awal pekerjaan nya.

Pare yaitu salah satu tanaman yang hidupnya merambat yang berasal dari suku “Cucurbitaceae” atau termask kedalam suku labu-labuan. buah Pare ini memiliki buah yang bulat dan memanjang dengan memiliki permukaan hingga memiliki ujung yang bergerigi yang berwarna hijau dan memiliki rasa pahit dengan memiliki panjang buah sekitar 8 hingga 30 cm , dengan memiliki daunnya yang tunggal letaknya berseling.

Manfaat Pare Untuk Kesehatan

nah berikut ini ada beberapa Khasiat atau manfaat yang terdapat didalam buah Pare yang sangat baik untuk kesehatan & kecantikan, yaitu sebagai berikut :

1). Mampu untuk Mencegah penuaan dini

2). Mampu untuk Melegakan pernafasan

3). sebagai Mencegah kehamilan

4). Mampu untuk Mengatasi diabetes

5). sebagai Menambah nafsu makan

6). Mampu untuk Menghambat perkembangan AIDS

7). Mampu untuk Melancarkan pencernaan

8). Mampu untuk Menangkal Sel Kanker

9). Mampu untuk Membersihkan darah

10). Mampu untuk Mengatasi sembelit dan sakit pada usus

11). Mampu untuk Merawat Kecantikan Kulit

12). Mampu untuk Menurunkan kolesterol

13). Mampu untuk Mengatasi noda pada kulit

14). Mampu untuk Mengatasi bronkhitis

15). Mampu untuk Mengatasi disentri

16). Mampu untuk Mengobati malaria

17). Mampu untuk Mengatasi wasir

18). Mampu untuk Mengatasi penyakit kuning

19). Mampu untuk Menurunkan berat badan

20). Mampu untuk Mengobati batu ginjal

21). Mampu untuk Mengatasi Jerawat

22). Mampu untuk Menurunkan tekanan darah

23). sebagai Obat cacing

24). Mampu untuk Menghambat sel leukimia

25). Mampu untuk Menurunkan demam

26). Mampu untuk Meluruhkan dahak

27). Mampu untuk Mengatasi impotensi

28). Mampu untuk Mencegah Sifilis

29). Mampu untuk Mengatasi panas dalam

Cara Menanam Pare

Cara Menanam Pare

Nah berikut ini saya akan berikan tata cara untuk menanam pare  hingga mendapatkan hasil yang memuaskan dan melimpah. Cara menanam pare  alangkah baik nya kalau anda menggunakan biji pare yang berkualitas agar bisa mendapat kan hasil yang bagus dan memuaskan. Nah berikut ini langkah langkah untuk menanam pare  :

1.Cara Membuat Benih Pare 

nah untuk Membuat Benih Pare  Sebenarnya ada cara yang cukup praktis untuk menyiapkan benih pare , yaitu dengan cara anda membelinya di toko pertanian terpercaya yang ada di lingkungan tempat tinggal anda. Namun Tetapi karena tujuan kita ini ingin menanam pare  untuk mendapatkan kualitas yang bagus dan hasil yang memuaskan maka kita bisa belajar untuk membuat bibit nya sendiri tanpa harus membeli di toko toko pertanian.

Berikut ini saya akan berikan beberapa hal untuk anda semua yang harus perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan bibit pare  yang bagus dan berkualitas. Namun Akan lebih baik lagi jika anda sudah memiliki pohon pare  sendiri yang akan anda buat untuk dijadikan benih.

2.Cara untuk menyemai bibit pare

Langkah berikutnya yang harus anda lakukan setelah anda berhasil membuat benih pare sendiri yaitu dengan cara menyemai nya. Pasti anda bertanya Tanya Kenapa kok tidak langsung ditanam saja di tanah atau di pot? kan itu sangat simpel dan nggak ribet dan gak perlu proses yang cukup lama?. Nah sekarang perlu anda ketahui bahwa kalau bibit pare itu langsung anda tanam di tanah atau dipot maka hasil kan akan buruk dan kualitas nya rendah, maka dari itu bibit pare  yang sudah kita buat alangkah baik nya kalau kita menyemai nya terlebih dahulu yaitu agar tujuan nya benih bibit pare di dalam persemaian adalah untuk menyeleksi bibit pare yang bagus dan jelek atau cacat dan terkena penyakit. Selain itu juga kita bisa dapat memastikan bahwa bibit pare yang akan ditanam sudah cukup kuat untuk di pindahkan ke media tanah atau pot.

3.Penyiapan media tanam

Selanjut nya anda Pilih pot  yang cukup besar agar media tanam ini mampu menopang pertumbuhan tanaman pare yang rimbun. Selain itu anda juga bisa menggunakan pot yang terbuat dari semen, tanah, atau keramik. Berikut ini Cara menanam pare dalam pot anda bisa menggunakan media tanam yang berasal dari campuran tanah, pupuk kandang, kompos, sekam padi. Dengan cara anda mencampurkan sema bahan menjadi satu.

4.Penanaman Pare

untuk melakukan penanaman Pare ini dengan cara melakukan semai biji. nah Selanjutnya biji anda lakukan dengan cara direndam hal ini dilakukan untuk menyeleksi biji benih yang terbaik nah jika dalam perendaman ini terdapat biji yang mengapung maka itu adalah calon benih yang jelek dan anda harus membuang nya. nah sedangkan untuk Biji calon benih yang tenggelam didalam air maka selanjutnya biji ini dapat ditanam langsung pada lahan hingga berubah menjadi berkecambah.lalu buat lubang dalam pot dengna kedalaman sekitar 3 hingga 5 cm, setelah itu anda masukan sekitar 2 ampai 3 biji untuk setiap lubang tanam. sedangkan untuk Penyiraman pada tanaman pare ini dilakukan 2 x dalam sehari yaitu pada waktu pagi hari dan sore hari.

5.Pemupukan

untuk Pemupukan tanaman pare ini selain menggunakan pupuk organik maka anda juga dapat menggunakan pupuk buatan yaitu seperti pupuk NPK,pupuk TSP, pupuk KCl, atau pupuk Urea. namun Jika anda menggunakan pupuk NPK maka dosis yang harus diberikan ketanaman adalah 2 sampai 3 kg per 100 m² lahan dan apabila Jika anda menggunakan pupuk TSP, pupuk KCl dan pupuk Urea maka anda hanya cukup Beri dosis 15 gram dengan memiliki perbandingan yaitu 2:2:1 atau 6 gram : 6 gram : 3 gram. untuk Pemupukan ini dapat dilakukan pada 1 bulan setelahh pare ditanam bersamaan dengan cara penyiangan.

6.Hama Dan Penyakit

sedangkan untuk Hama dan Penyakit yang sering menyerang tanaman pare yaitu hama seperti lembing atau oteng-oteng, kemudian Lalat buah,Dan ada juga Penyakit embun bulu. nah Semua hama penyakit itu dapat diatasi dengan cara anda menggunakan pestisida yang sangat tepat dan memiliki dosis yang cukup.

7.Pemanenan

tanaman Pare ini dapat dipanen apabila tanaman ini sudah berumur sekitar 2 sampai 3 bulan. dengan menggunakan Cara pemanenan yang biasanya dilakukan dengan cara memotong pada tangkai buah dengan menggunakan gunting atau bisa juga menggunakan pisau.

Tips jitu cara menanam pare dalam pot dengan mudah di rumah..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme