Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara Menanam Pir Dari Biji

Cara Menanam Pir Dari Biji – selamat malam para petan di seluruh Indonesia. Nah buat anda semua yang ingin menanam buah Pir dengan hasil yang melimpah namun belum tahu tata cara untuk menanam nya , maka alangkah baik nyaa kalau anda bergabung bersama kami di website ini karena pada kesempatan kali ini kami akan berikan kepada anda mengenai panduan teknis untuk menanam buah Pir dengan hasil yang sangat melimpah.

Pada kesempatan kali ini saya akan berikan pembahasan mengenai “Cara Menanam Pir dari biji”.  Nah buat anda semua yang akan melakukan budidaya tanaman buah Pir maka alangkah baik nya kalau anda mengikuti langkah langkah yang sudah saya berikan untuk anda sepeti di bawah ini.

Buah Pir adalah sebutan untuk sebuah pohon yang memilki nama latin “genus Pyrus” dan Beberapa spesies dari pohon pir itu sendiri Buah Pir Mampu untuk menghasilkan buah yang sangat enak dimakan karena buah pir ini mengandung banyak air, sangat masir dan sanagat manis. sedangkan dalam bahasa inggris pir ini dinamai “Pear”

1.Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nah berikut ini saya akan berikan beberapa manfaat yang terdapat didalam buah pir yang sangat baik untuk kesehatan dan kencantikan  antara lain :

1. Buah Pir Mampu menangkal Radikal Bebas

2. Buah Pir Mampu Mencegah Penyakit Jantung

3 . Buah Pir Mampu Mencegah Kanker

4 . Tidak dapat Menimbulkan Reaksi Alergi

5 . Buah Pir Mampu Menjaga Kadar Gula Darah

6 . Buah Pir Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

7 . Buah Pir Mampu Mencegah Osteoporosis

8 . Buah Pir Mampu Meningkatkan Tingkat Energi

9 . Buah Pir Mampu melancarkan Pencernaan

10 . Buah Pir Mampu melindung janin disaat Kehamilan

11 . Buah Pir Mampu Untuk Menyapih Anak

12 . Buah Pir Mampu Mencegah Kandung Empedu, Radang Sendi , Radang Usus, Dan Gout

13 . Buah Pir Mampu menormalkan Tekanan Darah

14 . Buah Pir Mampu untuk mengurangi Peradangan

15 . Buah Pir Mampu mengobati Sesak Napas

16 . Buah Pir Mampu mengobati Masalah Tenggorokan

17 . Buah Pir Mampu untuk Mencegah Kerusakan Kulit

18 . Buah Pir Mampu Mencegah Keriput

19 . Buah Pir Mampu untuk Mengobati Kulit Berminyak

20 . Buah Pir Mampu mencegah Kulit Bebas dari Jerawat

21 . Buah Pir Mampu untuk Pelembab Kulit Alami

22 . memiliki Scrub Natural Yang Efektif

23 . sangat Baik Untuk Perawatan Bibir

Berikut ini saya akan berikan beberapa tahapan untuk menanam buah Pir dari biji :

Cara Menanam Pir Dari Biji

Cara Menanam Pir Dari Biji

2.Persemaian biji

kemudian anda Kumpulkan biji dari dua varietas buah Pir yang sangat berbeda, hal ini dikarenakan pohon Pir pada saat akan memasuki fase untuk berbuah,karena pohon Pir tidak dapat untuk melakukan penyerbukan sendiri karena pohon Pir yang akan ditanam hanya berasal dari satu varietas saja. Nah Setelah biji Pir sudah dipisahkan dari daging buahnya,maka kemudian anda jemur biji Pir tersebut hingga kulit bagian luar biji tersebut tidak lembab.

Nah Setelah biji Pir mengering, maka langkah selanjut nya anda masukan biji Pir kedalam tisu atau bisa juga menggunakan kain. Kemudian anda masukan tisu yang akan dijadikan sebuah media dalam proses semai kedalam sebuah wadah yang Buah Pir Mampu untuk ditutup rapat, misalnya wadah seperti toples atau bisa juga menggunakan kotak makanan. Selain tisu dan kain, maka Anda bisa juga untuk menggunakan tanah yang gambut yang di jadikan sebagai media untuk semai pada biji Pir tersebut.

Selanjutnya anda masukan toples yang sudah tertutup rapat ini kedalam sebuah lemari pendingin atau bisa juga dimasukkan kedalam kulkas. Nah Inilah proses dimana cara untuk menanam Pir dari biji yang biasa disebut dalam bahasa inggris yaitu after ripening adalah memanipulasi pada kondisi biji Pir.

  1. Pemidahan Tunas Kedalam Pot atau Polybag

Setelah bibit Pir ini tumbuh tunas dan sudah mengeluarkan akar,maka yang harus anda lakukan dalam proses selanjutnya yaitu anda memindahkan bibit Pir tersebut kedalam sebuah media pot atau polybag.kemudian anda Isilah pot atau polybag ini dengan tanah yang gambu yang memiliki unsure hara dengan pH netral, kemudian anda tambahkan pupuk kompos. Kemudian anda buatlah lubang pada tanam untuk meletakan bibit Pir yang telah memiliki tunas ini dan yang sudah tumbuh akar tersebut. Selanjut nya anda Pindahkan biji Pir dengan secara hati-hati, agar tidak mengganggu atau tidak merusak akar yang tumbuh pada biji Pir tersebut. Lalu selanjut nya anda tutup kembali dengan menggunakan tanah, kemudian anda siram dengan menggunakan air secukupnya agar area yang berada disekitar biji Pir ini tetap dalam kondisi yang lembab. Kemudian selanjut nya anda yaitu Lakukan penyiraman pada tumbuhan dengan secara rutin sampai benih yang anda tanam dalam pot tersebut dapat tumbuh daun, pada umumnya tahapan ini akan membutuhkan waktu kira kira sekitar 3 sampai  4 minggu.

  1. Pemindahan tanaman Ke Lahan

Apabila bibit Pir ini sudah tumbuh daun kira kira sekitar 5 sampai  7 helai, maka langkah selanjut nya anda lakukan yaitu bibit Pir yang telah siap untuk dipindahkan kelahan tanam yang sudah anda siapkan. Namun alangkah sebaiknya kalau yang harus anda lakukan yaitu dengan penggemburan pada tanah terlebih dahulu dengan menggunakan cara mencangkulnya sampai gembur, kemudian selanjutnta anda tambahkan pupuk kompos agar tanah Buah Pir Mampu untuk menyediakan dan memiliki ketersedian nutrisi yang terdapat dalam tanah ini tetap terjaga dengan keadaan yang baik.

Kemudian langkah selanjut nya anda Pindahkan bibit Pir tersebut yang telah tumbuh tunas ini kedalam media tanam, namun sebaiknya pemindahan ii dilakukan pada pagi hari hal ini di karenakan tanaman agar tidak mengalami stres apabila terpapar sinar matahari pada siang hari.selanjut nya anda Lakukan yaitu dengan cara penanaman dengan secara hati-hati, kemudian anda sebarkan mulsa disekitar tanaman agar Buah Pir Mampu untuk menciptakan kelembaban tanah disekitar area tanaman. Selain itu Anda juga  bisa memakai jerami atau serbuk kayu gergaji atau bisa juga menggunakan batang ilalang, selain itu ternyata bisa juga menggunakan batang gandum kering yang di jadikan sebagai mulsa.

  1. Perawatan Pohon Pir

Selanjut nya yang ahrus anda lakukan yaitu penyiraman secara rutin pada tanaman Pir, namun yang paling terutama pada saat memasuki musim kemarau. Karena Tanaman Pir ini sangatlah senang apabila dengan kondisi lingkungan yang cukup lembab namun tidak cukup basah. Kemudian anda lakukan pemupukan pada tanaman dengan menggunakan pupuk seperti  pupuk NPK dengan menggunakan takaran kira kira sekitar 1/4 kg untuk per tanaman Pir, kemudian anda lakukan pemupukan ini secara rutin setiap 4 bulan sekali untuk semua tanaman.

6.pemanenan

Pemanenan Pir anda lakukan dengan cara memetik buah dengan menggunakan tangan atau bisa juga menggunakan alat seperti gunting dan anda lalukan secara serempak hal ini dilakukan pada setiap kebun . sedangkan buah Pir yang di panen Pada umumnya sudah berumur kira kira 2 sampai dengan 3 tahun. Sedangkan di indonesia sendiri panen buah pir ini dilakukan pada saat bulan September hingga bulan oktober. Sekian dari saya dan terima kasih

Cara Tepat Dan Mudah Menanam Buah Pir Berbuah Lebat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme