Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara Menanam Semangka

Cara Menanam Semangka – Kali ini saya akan berikan untuk anda tips cara menanam Semangka yang baik dengan mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan kini Anda bisa mempelajari bagaimana cara untuk menanam dan membudidayakan Semangka agar bisa mendapatkan hasil yang melimpah. Seperti yang sudah anda diketahui bahwa buah Semangka sudah termasuk ke dalam jenis tanaman yang hidup nya atau tumbuh dengan merambat atau menjalar.

Perlu anda ketahui bahwa Rasa buah Semangka itu sangat lah manis dan sangat menyegarkan sehingga membuat buah Semangka sangat banyak disukai oleh semua orang. Dan Saat ini sudah banyak para petani yang telah membudidayakan buah semangka .

Manfaat yang terdapat pada buah Semangka

Berikut ulasan mengenai manfaat semangka yang sangat bagus bagi kesehatan dan kecantikan tubuh Anda.

  1. Anti Penuaan Dini

karena Buah semangka ini banyak mengandung nutrisi kompleks yaitu seperti likopen, vitamin A, vitamin C dan potassium yang mampu untuk menangkal radikal bebas yang akan menyerang kulit Anda.

  1. Menjaga Kelembapan Kulit

karena Buah semangka ini banyak mengandung kadar air yang sangat melimpah sehingga mampu untuk memberi kelembapan ekstra pada kulit anda.

  1. Memelihara Kesehatan Ginjal

karena Buah semangka ini mengandung kalium yang memiliki peran yang sangat penting yang mampu untuk membantu fungsi kerja ginjal.

  1. Menangkal Kanker

karena buah semangka ini memiliki kandungan lycopene dan vitamin C yang tinggi. dimana Kedua zat memiliki peran yang sangat penting dalam melindungi tubuh dari serangan penyakit yang mampu menyebabkan penyakit kanker.

  1. Memelihara Kesehatan Tulang dan Jantung

karena Di dalam buah semangka ini, terdapat senyawa likopen yang sangat berfungsi untuk membantu tubuh dalam memelihara fungsi kerja pada tulang dan fungsi jantung. Nah berikut ini ada beberapa cara untuk anda menanam Semangka  yang baik dan benar :

Cara Menanam Semangka

Cara Menanam Semangka

a.pembibitan Semangka

bibit buah Semangka direndam terlebih dahulu di air hangat dan biar kan sampai benih berubah menjadi kecambah, nah apabila bibit sudah mulai berubah menjadi kecambah, maka langkah untuk selanjutnya anda harus menyiapkan polybag atau baki yang dijadikan tempat untuk persemaian. Lalu setelah itu anda Isi wadah tersebut dengan tanah dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 2:1 lalu anda Benamkan bibit Semangka  yang  telah berubah menjadi kecambah ke dalam sebuah media semai yang sudah anda siapkan.

b.Penyemaian Semangka

Sedangkan Tempat yang bagus untuk lokasi penyemaian bibit Semangka maka sebaiknya anda letakan pada suatu tempat yang sudah terlindung dari terik matahari langsung dan kucuran dari air hujan secara langsung. Sedangkan untuk Media semai ini anda  harus selalu dikontrol untuk kelembabannya, nah apabila media tanah nya sudah terlihat mengering maka segera anda sirami dengan air dan jangan sampai tanah itu terlalu basah karena bisa mengakibatkan pembusukan pada tanaman melon   . Sedangkan untuk Proses penyemaian nya biasanya memakan waktu kira kira selama 10 sampai 14 hari. Atau anda bisa juga melihat nya dari pertumbuhan daun Semangka  yang  sudah mencapai kira kira 3 sampai 4 helai daun.

c.pengolahan lahan Semangka

nah Sebelum tanaman buah Semangka  ditanami maka alangkah sebaik nya lahan dibuat sangat gembur dengan cara anda bajak tanah dan menghaluskan bongkahan tanah bisa dengan menggunakan cangkul. Nah untuk selanjutnya anda buatlah sebuah bedengan dengan memiliki ukuran tinggi kira kira 30 sampai 50 cm. dengan memiliki lebar kira kira 100 sampai 200 cm, dengan memiliki panjang kira kira 10 sampai 15 meter jangan lupa untuk anda membuat jarak antar bedengan satu dengan bedeng yang lain nya yaitu sekitar 50 sampai 60 cm. nah apabila bedengan sudah selesai dibuat, maka langkah selanjut nya anda berikan pupuk dasar seperti pupuk kandang atau bisa juga anda menggantikan nya dengan pupuk kompos kira kira sebanyak 15 sampai dengan 20 ton untuk ukuran per hektar. Selain itu juga anda bisa menambahkan pupuk buatan seperti  pupuk ZA, SP-36 dan KCI dengan perbandingan kira kira masing-masing sebanyak 300 kg, 300 kg dan 350 kg untuk ukuran dalam satu hektar nya. Kemudian anda Campurkan semua pupuk tersebut lalu di aduk aduk hingga semua pupuk menjadi tercampur lalu di taburkan di tanah bedengan setelah itu anda diamkan kira kira selama 2 sampai 4 hari.

d.penanaman Semangka 

Dalam satu bedengan hanya mampu diisi dua baris lubang untuk tanaman. Sedangkan untuk Jarak antara baris kira kira sekitar 50 cm sedangkan untuk jarak antar lubang satu ke yang lain nya dalam satu baris kira kira sekitar 50 sampai 60 cm. sedangkan untuk melakukan Penutupan mulsa alangkah baik nya kalau dilakukan minimal 2 hari sebelum anda melakukan penanaman bibit.untuk  Langkah selanjutnya anda tinggal memasukan bibit tanaman Semangka ke dalam lubang tanam.

Setelah itu jangan lupa anda melakukan Pemasangan Ajir atau lanjaran karena tanaman buah Semangka hidup nya itu menjalar atau merambat,Sedangkan untuk pemasangan lanjaran bagus nya di pasang sebelum tanaman buah Semangka  tumbuh besar. Biasanya pemasangan lanjaran dilakukan dengan jangka waktu paling lama 4 hari setelah masa tanam. Panjang lanjaran atau ajir yang digunakan kira kira 1,5 meter. Lalu anda tancapkan ajir atau lanjaran di sebelah tanaman Semangka  tanpa harus merusak akan tanaman dan jangan lupa anda siapkan tali untuk mengikat nya.

e.Penyiraman Tanaman Semangka

Nah untuk anda Agar bisa menghasilkan tanaman yang sangat berkualitas maka anda perlu melakukan penyiraman pada tanaman buah Semangka secara teratur. Penyiraman dapat anda lakukan pada waktu pagi atau sore hingga tanaman Semangka berumur kira kira satu minggu. Nah untuk Selanjutnya anda hanya melakukan penyiraman dua hari sekali. Kemudian anda jangan lupa memberikan pupuk agar tanaman Semangka bisa berbuah bagus dan mendapatkan kualitas yang bagus.  Dan Pemupukan bisa anda lakukan dengan cara memberikan pupuk campuran buatan sebanyak  kali selama 1 kali dalam waktu masa tanam.sedangkan untuk Dosis yang digunakan adalah 200 sampai 250 ml untuk pertanaman

f.Pemanenan Semangka

sedangkan untuk Usia buah semangka yang sudah siap untuk dipanen ini biasanya memiliki ciri-ciri seperti daun buah yang sudah mulai layu, dan apabila dipukul buahnya akan berbunyi puk yaitu suara yang berat.  buah Semangka ini bisa dipanen dalam waktu setiap hari, dengan jumlah buah yang dipanen bisa disesuaikan dengan banyaknya permintaan pasar hal ini bertujuan agar kondisi buah semangka ini tetap terjaga. sedangkan Untuk memanennya anda bisa menggunakan gunting atau bisa juga dengan pisau yang berguna untuk memotong bagian tangkai buah yaitu sekitar 3 sampai 5 cm dari pangkal buah semangka. Sekian dari saya dan terima kasih banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme