Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara Menanam Tanaman Di Polybag

Cara Menanam Tanaman Di Polybag – hai tuan tuan Selamat datang di blog kami, di mana tuan tuan bisa belajar bersama mengenai seputar berkebun dan bercocok tanam. Nah Kali ini akan saya bagikan pengalaman tentang Cara menanam Tanaman di polybag dengan hasil yang memuaskan. Nah sebelum anda memulai untuk menanam   maka alangkah baiknya kalau anda pelajari dulu tata cara menanam  , nah untuk anda yang ingin mendapatkan hasil panen   yang memuaskan maka terlebih dahulu anda harus memulai nya dari persiapan dengan keadaan yang baik di awal pekerjaan nya.

Media tanaman yaitu salah satu media yang merupakan faktor sangat penting yang mampu untuk menentukan dalam kegiatan anda bercocok tanam. Media tanam yang akan menentukan baik atau buruknya pada pertumbuhan tanaman yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil produksi pada tanaman. Sedangkan untuk Jenis-jenis dalam media tanam ini sangat banyak dan sangat beragam. Apalagi ada nya dengan berkembangnya berbagai metode dalam bercocok tanam, seperti metode tanam dengan menggunakan hidroponik dan aeroponik.

Dalam Setiap jenis tanaman sangat membutuhkan sifat dan karakteristik pada media tanam yang berbeda beda. Contoh Misalnya, pada tanaman buah yang membutuhkan sebuah karakter pada media tanam yang berbeda dengan karakter pada tanaman sayuran. Karena Tanaman buah ini sangat memerlukan media tanam yang sangat solid agar mampu untuk menopang pada pertumbuhan tanaman yang akan relatif lebih besar, namun sementara itu jenis tanaman pada sayuran memilki daun yang lebih memerlukan media tanam yang sangat gembur dan sangat mudah ditembus akar.

Nah, kali ini saya akan membahas ke pada anda mengenai media tanam yang biasa digunakan pada saat anda untuk melakukan budidaya sayuran organik yang di lakukan dalam sebuah polybag. Sedangkan untuk Bahan-bahan yang digunakan ini merupakan salah satu bahan yang sangat banyak tersedia di alam dan bisa anda untuk dikerjakan sendiri.

 Bahan-Bahan Untuk Media Tanam Organic Pada Polybag

Perlu anda ketahi bahwa Ada banyak beragam material yang bisa untuk dimanfaatkan bagi anda untuk membuat sebuah media tanam mulai dari media yang alami hingga ke media yang sintetis. Namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas mengenai  beberapa bahan bahan organik yang sangat banyak tersedia di alam, dan murah dan sangat gampang untuk anda melakukan pembuatannya.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Hidroponik

Cara Menanam Tanaman Di Polybag

Cara Menanam Tanaman Di Polybag

  1. Tanah

bahan utama yang harus anda siapa kan yaitu Tanah yang sangat baik untuk di lakukan ke media tanam sebaiknya tanah ini diambil dari lapisan bagian bawah. Namun utnuk Secara umum kini sudah terdapat dua tipe tanah yaitu pertama yang harus anda untuk diperhatikan yakni tanah berbentuk pasir dan yang berbentuk tanah lempung. Sedangkan untuk Tanah yang bentuk nya berpasir ini memiliki kemampuan drainase yang sangat baik, selain itu cepat dalam mengalirkan air namun ada kelemahannya yaitu tanah ini sangat buruk dalam melakukan menyimpan air untuk di jadikan sebagai cadangan. Nah Sedangkan tanah yang lempung ini lebih sulit untuk ditembus oleh air sehingga akan mampu membuat air ini menjadi tergenang di dalam media tanam. Sedangkan Tanah yang sangat baik untuk media tanaman yitu tanah yang tidak terlalu berpasir dan juga tidak terlalu lempung, namun melainkan tanah yang gembur.

 

  1. Kompos

selanjut nya anda siapkan Kompos. Kompos yang  merupakan bahan organik yang sangat berfungsi sebagai penyedia unsur hara bagi semua tanaman. Pupuk Kompos yang baik untuk digunakan ada media tanam yaitu pupuk kompos yang padat. Sedangkan Penambahan bahan-bahan organik pada tanaman seperti kompos atau yang biasa di sebut humus ini pada media tanam bisa sangat baik untuk memperbaiki struktur  pada fisik tanah dan akan meningkatkan kapasitas tukar kation pada tanah. Kompos yang akan anda tambahkan sebaiknya kompos yang berupa kompos yang sudah matang. Karena apabila Kompos yang belum matang akan berpotensi mendatangkan penyakit dan hama. nah Selain itu untuk unsur haranya yang sangat sulit untuk diserap pada tanaman imi dikarena kan belum mmpu untuk terurai secara penuh.

Namun Selain kompos, kini anda juga bisa memanfaatkan humus yang bisa anda didapatkan dari hutan yang ada di lingkungan anda. Karena Tanah humus ini memiliki kandungan pada unsur hara yang  sangat tinggi. Namun Bila lokasi nya itu anda dekat dengan hutan, maka tanah humus bisa anda dapat kan dengan cara dicari nya dengan mudah di hutan. Sedangkan untuk Unsur bahan organik lain ini juga bisa anda digunakan sebagai pengganti pupuk kompos atau humus yaitu seperti pupuk kandang atau kotoran hewan atau pupuk hijau. namun sebaiknya kalau anda ini menggunakan pupuk kandang yang sudah matang benar dan memilik teksturnya yang sudah berbentuk granul sama seperti tanah. Sedang kan untuk Penggunaan pupuk kandang yang belum matang maka akan beresiko membawa hama dan panyakit yang akan di berikan pada tanaman.

  1. Arang sekam

selain itu juga anda bisa menggunakan Arang sekam yang merupakan hasil dari pembakaran yang tak sempurna yang di dapatkan dari sekam padi. Karena Arang sekam ini sangat lah berguna untuk meningkatkan kapasitas pada tanah dan menjaga kelembaban tanah agar tetap stabil.

Cara Untuk Membuat Media Tanam Organik di Polibag

Nah Berikut ini ada beberapa cara-cara yang bisa anda lakukan untuk membuat media tanam pada polybag dengan cara menggunakan bahan baku yang sudah saya terangkan di atas. Nah Untuk anda yang ingin membuat media tanam yang sangat baik maka yang diperlukan yaitu unsur tanah, kemudian bahan untuk pengikat atau penyimpan air dan bahan untuk penyedia unsur hara. Sedangkan Bahan baku yang baik untuk digunakan adalah tanah kompos, top soil, dan arang sekam.

Langkah langkah nya anda Siapkan terlebih dahulu tanah yang sudah terlihat gembur dan sangat subur, namun lebih baik kalau tanah ini diambil dari bagian permukaan paling atas. Kemudian anda ayak ayak tanah tersebut hingga menjadi butiran-butiran yang sangat halus. Namun Usahakan kalau tanah ini dalam keadaan yang kering sehingga tanah tidak menggumpal. Karena Tanah yang menggumpal akan menyebabkan semua bahan-bahan ini tidak akan tercampur dengan merata. Selanjut nya anda Siapkan kompos yang telah matang, anda pun bisa menggunakan nya dari jenis kompos biasa, atau kompos takakura. Kemudian anda ayak Ayak kompos atau humus tersebut sehingga menjadi butiran yang sangat halus. Selanjut nya anda Siapkan arang sekam, lalu anda Campurkan tanah, arang sekam dan kompos, dalam satu wadahdengan komposisi  (2:1:1) lalu anda aduk Aduk hingga merata. Kemudian anda Siapkan polybag, lalu anda masukkan semua campuran tersebut kedalamnya. Maka Media tanam ini sudah siap untuk digunakan.

Cara Menanam Kangkung Dalam Polybag, Ternyata Gampang!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme