Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara Menanam Tomat

Cara Menanam Tomat –  hai bos apa kabar? Senang sekali kita bisa berjumpa lagi di website ini dengan keadaan yang sehat. Oke langsung saja kita mulai pembahasan nya, kali ini saya akan berikan beberapa ulasan untuk anda semua mengenai cara menanam tomat dengan hasil yang memuaskan. Di zaman yang sekarang ini sudah banyak inovasi dan kemajuan yang sangat pesat dan sudah banyak para petani yang menggunakan atau memanfaatkan sebuah teknologi untuk melakukan cara menanam tomat hingga mendapatkan hasil yang memuaskan dengan mendapatkan hasil yang sangat melimpah.

Perlu anda ketahui bahwa tomat adalah jenis tanaman memiliki ukuran lebih besar dibanding kan dengan rampai, namun tomat memiliki rasa yang jauh lebih manis dan lebih gurih apabila di bandingkan dengan  rampai sehingga mampu membuat rasa masakan akan menjadi lebih mantap. Tomat yang memiliki ukuran lebih besar ketimbang rampai, dengan memiliki kulit yang tebal, tomat jika sudah tua maka berwarna merah, serta akan memiliki sedikit biji dan serta mengandung sangat banyak air. Tahu kan anda bawa sekarang sudah Banyak orang yang lebih menyukai memasak sayuran dengan menggunakan buah tomat.

Asalkan anda tahu bahwa saat ini banyak orang yang suka mengkonsumsi tomat untuk di jadikan jus karena tomat memilki banyak kandungan vitamin atau sebagai campuran bumbu masakan, sehingga mampu membuat tomat ini lebih laku dan terlebih lagi harga tomat lebih murah dibandingkan dengan rampai. Maka Tak heran jika sudah banyak orang yang mencoba untuk melakukan budidaya atau menanam tomat dengan menggunakan skala besar dan ada juga yang menanam tomat hanya di pekarangan rumah baik itu di tanam secara langsung di tanah ataupun di tanam didalam pot.

Cara Menanam Tomat

Syarat untuk menanam Tomat

Perlu anda ketahui bahwa Tanaman tomat akan tumbuh dengan keadaan yang baik di daerah yang memiliki ketinggian kira kira sekitar 0 sampai 1500 meter diatas permukaan laut, nah sedangkan untuk Suhu yang baik untuk anda menanam tomat yaitu sekitar 20 sampai 27°C, serta memiliki curah hujan kira kira sekitar 750 sampai 1250 mg pertahun nya.

  1. Pemilihan Benih Tomat

Unutk memilih benih tomat anda tidak perlu pusing karena Benih tomat bissa anda dapat kan dengan cara membeli di toko pertanian ataupun anda bisa untuk membuatnya sendiri dirumah. Namun alangkah baik nya kalau anda membuat benih nya itu sendiri, karena akan menghasilkan benih yang lumayan bagus. Anda bisa melakukan nya dengtan cara anda Seleksi terlebih dahulu buah tomat yang akan anda buat sebagai benih baik itu dari segi ukuran dan dari bentuk nya, sedangkan untuk tomat yang baik yang akan di jadikan bibit adalah buah tomat yang memiliki ukuran agak besar dan memiliki bentuk buah yang tidak cacat. Setelah itu ambil biji tomat lalu anda bersihkan dari lendir pada biji dengan menggunakan air setelah itu direndam dan ambil biji yang tenggelam saja.

  1. Penyemaian Benih Tomat

Setelah benih siap,maka langkah selanjutnya benih disemai pada 2 media yaitu dengan cara bedengan atau polybag pot.

  1. Persiapan Lahan Tanam Tomat

Setelah benih sudah siap maka langkah selanjut  nya anda Bersihkan terlebih dahulu lahan tanam yang akan anda gunakan untuk menanam bibit tomat dari gulma atau tanaman tanaman pengganggu lainnya. Kemudian anda gemburkan dengan cara dicangkul cangkul atau dibajak, setelah selesai menggemburkan tanah maka langkah selanjut nya yang harus anda lakukan yaitu buat bedengan dengan lebar kira kira sekitar 1 meter, dengan memiliki tinggi sekitar 25 cm dan panjang kira kira 15 m. sedangkan untuk jarak bedeng satu dengan bedengan lain nya kira kira 30 sampai 40 cm. lalu anda taburkan pupuk kompos atau pupuk kandang kira kira 20 ton untuk setiap hektar nya.

Baca Juga : Cara Menanam Bawang Putih

  1. Penanaman Tomat

Alangkah baik nya kalau Sebelum melakukan penanaman, anda terlebih dahulu membuat lubang untuk tanaman pada mulsa dengan memiliki diameter dengan kedalaman sekitar 5 sampai  7 cm. nah untuk setiap bedengan maka alangkah baik nya kalau anda buat 2 lajur lubang tanam dengan memiliki jarak kira kira sekitar 70 sampai 80 cm. apabila Setelah lubang tanam sudah jadi, maka anda tinggal melakukan penanaman bibit tomat.

Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Tomat

1.Penyulaman

Apabila bibit sudah di tanam maka yang harus anda Lakukan yaitu pengecekan pada tanaman tomat apabila sudah berumur kira kira sekitar  6 hari setelah tanam, apabila anda menemukan tanaman yang mati atau tumbuh nya tidak optimal dan rusak maka yang harus anda lakukan yaitu dengan cara penyulaman, penyulaman  adalah mengganti tanaman yang mati atau rusak dengan bibit tanaman  yang baru.

2.Penyiangan

Apabila anda membudidayakan tanaman tomat tanpa menggunakan mulsa, maka yang harus anda lakukan yaitu dengan penyiangan pada gulma kira kira sebanyak 3 sampai 4 kali selama musim tanam tomat berlangsung. Namun apabila Jika anda menanm tomat itu menggunakan mulsa, maka penyiangan dapat anda lakukan seperlunya..

3.Pemangkasan

Langkah selanjut nya yang harus anda jalan kan yaitu melakukan pemangkaan cara ini di lakukan Agar tanaman tomat tidak memiliki banyak batang, untukn pemangkasan anda bisa menggunakan tangan dan sedangkan untuk mengatur ketinggian tanaman tomat anda bisa melakukan nya dengan cara pemangkasan dengan memotong batang menggunakan gunting. Nah untuk pemotongan bisa anda lakuakan pada saat tomat telah memiliki 1 dompol buah dengan jumlah kira kira sekitar 4 hingga 6 per dompol. Pemangkasan ini dapat dilakukan setia satu minggu sekali.

4.Penyiraman

Perlu anda ketahui bahwa Tanaman tomat ini tidak begitu membutuhkan banyak air yang penting jangan sampai tanaman tomat kekurangan air.

5.Pemasangan lanjaran

Untuk menjaga tanaman tomat Agar tidak mudah roboh maka yang perlu anda lakukan yaitu pemasangan lanjaran yang buat dari bambu dengan mmemilki panjang kira kira  1 sampai 2 m. Pemasangan lanjaran dapat anda lakukan saat tanaman tomat telah mencapai tinggi 10 sampai 15 cm,

6.Pemupukan

Tanaman tomat yang sudah berumur kira kira sekitar 2 sampai 3 minggu maka harus anda berikan pupuk yaitu berupa pupuk kandang atau kompos kira kira 1 genggam untuk setiap tanaman. Namun Selain itu juga anda bisa berikan pupuk organik cair berkalium tinggi pada saat tanaman tomat akan berbunga dan berbuah. Jangan lupa untuk anda lakukan Penyemprotan tanaman tomat dengan pupuk yang bisa dilakukan setiap satu minggu dengan menggunakan dosis 1 liter pupuk.

7.Pemanenan Tomat

Nah sedangkan untuk Umur panen tomat yaitu kira kira 50 sampai 100 hari dari masa tanam. Pemanenan bisa anda lakukan pada waktu pagi atau sore hari.selain itu tanaman tomat juga bisa anda panen dengan cara berkali kali menggunakan sistem bertahap yaitu anda bisa memanen nya 5-7 kali hingga batang tomat menjadi layu dan mati dengan sendiri nya.

Cara Menanam Tomat Dari Biji

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme