Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara Pengecoran Logam Dengan Cetakan Pasir

Cara Pengecoran Logam Dengan Cetakan Pasir – hallo semua nya, semoga keadaan kalian baik ya, nah buat anda semua saya ucapkan terima kasih banyak karena sudah bergabung bersama saya disini, karena disini saya akan memberikan beberapa ulasan untuk anda pelajari dan anda pahami cara untuk Pengecoran Logam. Oke mungkin itu sambutan utama dari saya dan sekarang mari kita langsung mulai saja ke topik pembahasan, nah kali ini saya akan membahas mengenai tata Cara Pengecoran Logam yang baik dan benar  dengan mendapatkan hasil yang bagus dan sangat memuaskan atau mungkin di tempat kalian ada yang mempunyai cara masing masing ya kawan…

sebelum kita mengenal jauh tentang pengecoran  apasih pengecoran itu?

Teknik pengecoran yaitu salah satu teknik untuk  pembuatan produk di mana sebuah logam akan dicairkan dengan menggunakan tungku peleburan lalu kemudian di tuangkan ke sebuah cetakan yang sangat mirip dengan bentuk asli nya.

untuk pengecoran dapat dilakukan dari hasil cetak, ada pengecoran dengan sekali pakai (Expable Mold) dan ada pengecoran dengan cetakan permanen (permanent mold). Cetakan pasir dalam cetakan yang bisa dibuang. Karena hanya bisa satu kali pengecoran saja, setelah itu dirusak saat mengambil barang coran. Dalam pembuatan cetakan, jenis-jenis pasir yang adalah pasir silika, pasir zircon atau pasir hijau.

Cara Pengecoran Logam Dengan Cetakan Pasir

Cara Pengecoran Logam Dengan Cetakan Pasir

1. cara Pengecoran dengan Cetakan Pasir

Bahan inti nya harus tahan dengan menggunakan temperatur cair yang paling jelek dari bahan-bahan lain nya.

Gating sistem adalah salah satu bagian dari mesin. sistem ini di gunakan agar dapat membantu untuk lebih dari satu, semua tergantung dengan ukuran cetakan yang anda cairkan.

Sprue adalah salah satu yang di gunakan sebagai saluran masuk dari luar dengan posisi miring. Saluran ini juga dapat berfungsi dari satu, tergantung dengan kecepatan penuangan yang akan diinginkan.

Pouring basin, merupakan lekukan pada cetakan yang bisa digunakan untuk cairan yang cepat masuk langsung dari ladle ke sprue. Kecepatan aliran yang di gunakan pun harus lebih tinggi karena dengan cara ini dapat membawa cairan yang berasal dari tungku kerongga cetakan itu lebih cepat.

Raiser adalah satu alat yang di gunakan untuk cadangan agar cairan yang berguna dalam mengisi kembali ketika akan terjadi penyusutan solidifikasi.

 

Pengecoran Cetakan Pasir

Teknik Pengecoran dengan cara membandingkan fungsi-fungsi seperti anda membuat pola-pola dalam sebuah kumpulan untuk membuat rongga rongga pada cetakan,selain itu juga anda bisa membuat sistem saluran, kemudian mengisi rongga rongga cetak dengan menggunakan logam cair, memungkinkan logam agar cairan cepet membeku, selain itu juga mampu untuk membongkar cetakan yang sudah mengandung produk kabel dan produk bersih. Hingga sampai sekarang, proses untuk pengecoran dapat di lakukan dengan menggunakan cetakan gas yang masih menjadi andalan industri pengecoran terutam di lakukan di industri-industri kecil.

1. Pasir

Paling pasir yang di dalam pengecoran adalah pasir silika (SiO2). Pasir merupakan produk dari hancurnya batu-batu dalam jangka waktu lama. Alasan pemakaian pasir sebagai bahan cetakan adalah karena harga dan ketahanannya terhadap suhu tinggi. Ada dua jenis pasir yang umum yaitu secara alami terikat (bank pasir) dan sintetis (danau pasir).

Sebagai contoh,nya anda harus menggunakan pasir yang halus dan bulat maka akan menghasilkan permukaan produk yang sangat mulus dan cukup halus. Sedangkan Untuk membuat pola pada pasir cetak anda hanya membutuhkan pasir dan udara. bahan bahan tersebut kemudian anda aduk aduk dengan komposisi khusus yang sudah siap untuk dipakai sebagi bahan untuk pembuat cetakan.

2. Lubang Cetakan Pasir

cetakan pasir basah masih bisa mencetak udara atau lembab yang terdiri dari cair cair dituangkan ke cetakan itu. Istilah lain dalam cetakan pasir adalah kulit kering. Cetakan ini sebelum ditayangkan alangkah lebih kalau anda melaukan nya dengan cara membentuk cair atau bisa juga dengan cara dipanaskan atau bisa juga dengan cara dikeringkan. Karena dengan cara ini maka kekuatan cetak akan semakin meningkat dan mampu untuk anda terapkan pada pengecoran produk-produk yang lebih besar.

Dalam sebuah cetakan kotak yang diinginkan maka batu pasir dengan memiliki pengikat yang anda buat dari bahan bahan yang organik dan bahan bahan ini brfungsi untuk betujuan lebih meningkatkan kekuatan pada cetakan cor. Akurasi dimensi yang lebih baik dari cetakan pasir dan sejenisnya.

Sedangkan untuk cetakan yang tidak dikeringkan maka alangkah baik nya kalau anda tambahkan cairan dengan menggunakan pasir dan kemudian campuran ini akan mengeras pada temperatur sedang. Karena ikatan antar pasir terjadi tanpa ada proses yang disebut proses dingin-setting. Selain diperlukan cetak yang tinggi, beberapa sifat yang perlu diperhitungkan adalah kemampuan untuk melakukan pekerjaan  atau gas.

3. Pola

Pola menjadi bayangan dari bentuk produk yang akan dibuat. Pola dapat dibuat dari kayu, plastik / polimer atau logam. Pemilihan material material yang di gunakan in tergantung pada sebuah bentuk dan ukuran yang akan di jadikan sebagai produk, dengan jumlah dimensi dan jenis proses untuk pengecoran.

Berikut ini ada beberapa Jenis-jenis pola:

  1. Pola tunggal

Aplikasi untuk bentuk produk yang sederhana dan jumlah produk sedikit. Pola ini dibuat dari kayu dan tidak mahal.

  1. Pola terpisah

Pola ini Terdiri dari dua buah pola yang di jadikan terpisah yang akan menghasilkan sebuah rongga cetak dari masing-masing pola yang anda buat. Dengan pola ini maka bentuk bentuk produk yang akan dihasilkan tidak rumit dari pola tunggal sebelum nya

  1. Pola pertandingan

Jenis ini populer yang di industri. Pola “terpasang jadi satu” dengan garis-garis datar dimana dua buah pola di atas dan bawah. Jenis pola ini hanya hanya b isa di lakukan bersama-sama dengan sebuah mesin pembuatan dan mampu menghasilkan produksi yang memiliki tingkat tinggi untuk produk-produk yang kecil.

4. Inti

Untuk bahan cor yang memiliki lubang atau rongga seperti pada blok mesin kendaraan atau kue-kue yang berbeda-beda.

Operasi Pengecoran dengan menggunakan Cetakan Pasir

Operasi pengecoran dengan menggunakan cetakan pasir ini melibatkan beberapa tahapan proses perancangan produk untuk cor, untuk pembuatan pola atau inti, lalu anda melakukan tahan untuk pembuatan pada sebuah cetakan, lalu melakukan penuangan logam yang cair dan kemudian melakukan pembongkaran pada produk cor. Sedangkan Dalam teknik untuk melakukan pengecoran logam ini namun akan tetapi memperngaruhi kemampuan pada logam yang cair untuk mengisi ruang-ruang dalam sebuah rongga cetak.

Nah mungkin hanya itu saja yang saya berikan untuk anda semua, semoga rtikel ini bisa bermanfaat buat anda semua,dan selamat mecoba inovasi terbaru dalam hidup anda untuk mengembangkan bisnis dengan mendapatkan hasil yang melimpah dan meraih keutungan yang berlipat, saya ucapkan terima kasih banyak

Proses Pengecoran Logam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme