Podoroga.com

Kumpulan Cara Praktis | Budidaya Tanaman | Trik Jitu

Cara Ternak Jangkrik

Cara Ternak Jangkrik – oke akhir nya kita ketemu lagi di website ini yaa, kali pembahasan berbeda dengan yang lain nya, say aku memberikan pembahasan untuk anda semua mengenai Cara ternak jangkrik , nah buat anda yang sangat hobi burung kicau namun ingin membudidayakan jangkrik sendiri maka anda bisa bergabung bersama kita kita disini. Siapa sih yang tidak kenal dengan jangkrik yang memiliki suara merdu ketika malam hari, dan mampu membuat likungan yang sepi menjadi sangat ramai karena dipenuhi dengan suara hewan jangkrik.

Jangkrik biasanya dimanfaatkan untuk pakan burung kicau, kadang juga jadi umpan pancing, atau biasa diolah menjadi makanan yang memiliki nilai nutrisi yang cukup tinggi. Karena jangkrik memiliki kandungan nutrisi yang terdapat di dalam jangkrik ini sangat tinggi dan bisa kita jadikan sebagai sumber nutrisi untuk tubuh. Selain itu ternyata harga jangkrik ini cukup mahal dipasaran, harga nya bisa di atas Rp 95.000/kg, sedangkan untuk modal yang dibutuhkan ternak jangkrik ini cukup minim dan tidaklah seberapa besar. Namun jangkrik sangat membutuh kan tempat khusus yang jauh dari pengganggu..

Cara Ternak Jangkrik

Cara Ternak Jangkrik

Berikut ini akan saya berikan tata Cara ternak jangkrik yang baik dan dengan mendapatkan hasil yang memuaskan :

  1. Lokasi Kandang Jangkrik

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum melakukan ternak jangkrik yaitu anda harus mempersiapkan lokasi kandang untuk budidaya jangkrik. Karena Jangkrik ini membutuhkan kandang atau wadah yang sangat mirip dengan habitat aslinya di alam. Maka dari itu anda harus membuat kandang jangkrik terlebih dahulu yang sesuai dengan habitat aslinya di alam.

Untuk Lokasi pemeliharaan jangkrik sebaiknya harus tenang, sunyi dan teduh serta mampu mendapat sirkulasi udara yang cukup baik untuk penyesuaian suhu dalam ruangan.maka alangkah baik nya kalau anda mencari Lokasi yang jauh dari keramaian, jalan raya, seperti pasar dan lain-lain. Selain itu lokasi nya pun harus jauh dari aktifitas manusia, selain itu juga ruangan nya pun tidak boleh terkena sinar matahari langsung.serta jauh kan dari kandang ayam atau hewan penggangu lain nya.

  1. Tempat Kandang Jangkrik

Setelah lokasi yang di tendukan sudah anda dapat kan maka selanjut nya anda membuat rumah atau gubuk untuk di jadikan tempat kandang jangkrik yang akan anda letakkan, selain itu juga anda bisa membuatnya di belakang rumah, bisa juga di teras atau di gudang,

  1. Kandang Jangkrik Ideal

Untuk Langkah selanjutnya yaitu anda tinggal membuat kandang jangkrik yang ideal supaya jangkrik bisa hidup dan berkembang baik sepanjang tahun, karena hal ini sangat penting karena di lingkungan alami, jangkrik hanya bisa berkembang biak pada waktu  tertentu yang disesuaikan dengan kondisi alam.

Untuk Kandang jangkrik anda bisa membuatnya dari  triplek  yang anda buat hampir mirip seperti peti namun beda nya hanya di beri kaki-kaki untuk menghindari serangan semut. Setelah itu pada bagian kaki-kaki itu diberi sebuah wadah bisa menggunakan botol aqua yang yang anda potong dan kemudian diisi dengan oli bekas, hal ini di lakukan sebagai penghalang semut atau predator lain nya agar tidak naik kekandang. Kenapa anda harus oli bekas? karena Oli bekas ini sangat berfungsi sebagai pembunuh predator yang akan masuk dan kemudian terjebur kedalamnya.

Baca Juga : Cara Menanam Tomat

Selamjut nya Dinding kandang jangkrik sebaiknya anda olesi lumpur sawah hal ini di lakukan agar jangkrik ini merasa kalau dia sedang berada di lingkungan aslinya. Hal ini juga berupaya Agar jangkrik tidak kabur dari kandang, sedangkan untuk bagian atas dinding sebaiknya anda lapisi dengan solasi hal ini di lakukan agar jangkrik tidak bisa memanjat.

4. Media Hidup Jangkrik

Jangkrik Untuk bisa hidup seperti di alam, maka anda harus sediakan karpet telur atau TRE yang kemudian anda susun secara bertumpuk tumpuk di dalam kandang.karena TRE ini sangat berfungsi sebagai tempat untuk jangkrik melakukan aktifitas, dan selain itu juga dapat di jadikan sebagai tempat bersembunyi sampai tidur. Karena Di sela-sela TRE inilah biasa nya jangkrik hidup, lalu bertelur, sampai panen nantinya. Perlu anda ketahui bahwa Sebelum TRE ini dipakai untuk kandang jangkrik, maka kalau sebaiknya di jemur terlebih dahulu ya kira kira selama 6 jam atau lebih hal ini dilakukan agar bakteri, kuman dan penyakit yang ada akan mati terlebih dahulu.

5. Persiapan Bibit Jangkrik

Apabila kandang untuk jangkrik ini sudah siap maka langkah selanjut nya yaitu anda persiapan bibit jangkrik itu sendiri. Sedangkan Untuk bibit jangkrik yang baik untuk diternak adalah jenis  G. testaclus dan G. miratus. untuk Bibit ini anda bisa mendapatkan nya dengan cara membeli nya dari toko pakan yang menyediakan pakan hidup. Namun alangkah baik nya kalau Bibit jangkrik atau indukan ternak jangkrik sebaiknya didapat dari tangkapan alam liar karena itu lebih bagus.

6. Mengawinkan jangkrik

Apabila kita sudah memiliki calon indukan jangkrik dengan kualitas baik yang kita peroleh dari alam liar secara langsung atau yang anda beli dari toko ternak, maka langkah selanjutnya anda harus mengawinkan jangkrik agar mampu untuk memperoleh telur yang akan anda ternak. Sedangkan untuk Tempat kawin di usahakan harus berbeda dengan tempat untuk pembesaran.

Jangkrik yang akan anda kawinkan ini harus berasal dari spesies yang sama . namun apaBila indukan jantan dan betinanya ini berbeda spesies nya, maka perkawinan nya tidak akan bisa terjadi. Karena Untuk mengawinkan jangkrik anda harus masukan indukan betina dan jantan dengan memiliki perbandingan kira kira 10:2.

Sedangkan untuk kandang Dalam perkawinan, maka anda harus siapkan bak pasir atau bisa juga tanah sebagai hal itu di gunakan untuk tempat peneluran. Sedangkan Jangkrik betina yang telah dibuahi akan bertelur. Selanjut nya Telur biasanya diletakkan dalam pasir atau ke tanah. Untuk Selama masa perkawinan maka jangkrik ini harus mendapatkan asupan pakan yang terbilang cukup. Sedangkan untuk Contoh pakannya anda bisa memberikan kubis, kangkung, sawi,  bayam, dan jenis sayuran hijau lainnya, jangan lupa anda buang sisa pakan yang lain nya yang tidak habis.

7. Pemeliharaan Kandang Jangkrik

Selain itu juga anda harus melakukan oerawatan kandang jangkrik karena Kandang jangkrik juga perlu dirawat. Karena Perawatan kandang jangkrik ini dilakukan supaya kebersihan kandang jangkrik selalu terjaga.  Selain itu, untuk menjaga kelembaban kandang dan pastikan juga kalau pakan untuk jangkrik ini selalu tersedia, karena apabila pakan jangkrik ini habis maka jangkrik akan menajdi kanibal jika kelaparan.

8. Pemanenan

Pemanen jangkrik bisa di lakukan saat jangkrik ini berumur kira satu bulan lebih. Panen nya ppun bisa anda lakukan secara rutin setiap satu bulan sekali.

Cara Berternak Jangkrik Yang Mudah Dan Cepat Menghasilkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Podoroga.com © 2018 Frontier Theme